Fender Stratocaster American Original 50s Rasa Klasik Tanpa Harus Jual Rumah

by Tyo Harsono on Jul 23, 2021

Hampir semua pencinta gitar pasti memimpikan punya gitar Fender klasik keluaran tahun 1950an. Namun, bukan rahasia kalau harganya bisa setara dengan satu unit rumah.

Mengutip dari situs Reverb.com, untuk Fender Stratocaster buatan tahun 1959 harga termurah adalah 19 ribu dolar (kurang lebih Rp. 2,754 miliar)!

Beruntung bagi pencinta gitar spesifikasi klasik, Fender punya solusi. Seri American Original adalah obat Fender untuk yang enggak punya budget sebanyak itu.

"Orisinalitas menolak untuk mencari sesuatu yang lebih baik. Dibuat dengan part sesuai sejarah Fender, kini hidup dalam seri American Original," tulis Fender pada situsnya.

"Versi dari dekade terbaik untuk instrumen paling ikonik kami. Dibuat dengan profil fingerboard modern yang dipadu dengan fret vintage."

"Detail lain membuat gitar ini tetap menarik dimainkan oleh musisi pada era modern," Fender melanjutkan.

Salah satu seri American Original adalah 50's Stratocaster. Telah rilis sejak 1954, berbagai perubahan telah terjadi untuk Strat.

Strat 50's memiliki 21 fret tinggi yang sesuai ddengan spesifikasi tahun itu. Namun neck-nya memiliki upgrade menjadi lebih modern dengan tipe soft V.

Pada bagian body sendiri menggunakan dua potongan kayu Alder. Oh iya, satu lagi perubahan yang Fender lakukan adalah memasang 5 way toggle switch alih-alih 3 way seperti era lama.

Perubahan lain adalah knob tone. Apabila pada era itu knob tone kedua untuk mengatur middle pickup, pada rekreasi ini fungsinya untuk mengatur bridge pickup.

Fretboard sendiri menggunakan kayu maple (Fender tidak memakai rosewood sampai 1959 atau 1960). Kemudian dari segi pickup pun dibuat akurat sesuai era 1950an.

Bahkan untuk urusan pickup, Fender memakai teknik konstruksi dan material yang sama seperti 70 tahun silam pada set Pure Vintage '59 Single-Coil Strat.

Bridge dan tuning machines sendiri menggunakan spesifikasi klasik. Pure Vintage 6-Saddle Tremolo untuk bridge dan Pure Vintage Single Line "Fender Deluxe" untuk tuning machines.

Untuk sentuhan finish body pun, kesan vintage tidak Fender tinggalkan. Sebagaimana gitar-gitar buatan tahun 50an, American Original 50's memakai Gloss Nitrocellulose Lacquer sebagai finish gitar.

Dengan finish dari bahan itu, kamu bisa membuat relic alami dengan mudah. Enggak perlu sengaja me-relic gitarmu supaya terlihat tua.

Segala perpaduan di atas membuat Fender American Original 50's Stratocaster menghadirkan suara yang luar biasa. Karakter vintage masih tetap ada meski digunakan untuk musik modern.

Menurut penulis, satu-satunya kekurangan gitar ini hanya akses ke truss rod-nya. Kamu harus mencopot neck dari body terlebih dulu kalau mau mengatur truss rod-nya. Namun memang begitu Strat seri vintage, Fender masih mempertahankan keotentikan gitar dekade 50an. Kecuali radius fretboard-nya yang sekarang dibuat menjadi 9,5.

Nah ini adalah perkara baru di seri vintage Fender. Sebelum American Original, Fender sempat punya seri vintage dalam nama American Vintage Re-Issue (AVRI). Kalau seri AVRI yang sekarang sudah tidak diproduksi karena digantikan oleh American Original, memiliki radius fretboard yang tetap 7,25.

Selain itu harganya juga lebih mahal ketimbang Fender lain (terkecuali keluaran custom shop). Namun kalau dibandingkan dengan membeli gitar Fender Vintage yang bisa seharga rumah, tentu ini lebih murah bukan?

Jadi, tunggu apa lagi. Yuk beli gitar vintage impianmu tanpa harus menjual rumah. Cukup membeli Fender American Original Series.

Spesifikasi Fender American Original 50's Stratocaster

  • Colors: Inca Silver, 2-Color Sunburst, White Blonde, Aztec Gold
  • Body: Alder, Gloss Nitrocellulose Lacquer.
  • Neck: Maple, Gloss Nitrocellulose Lacquer, Soft "V", scale 25.5" (648 mm), fingerboard radius 9.5" (241 mm), 21 vintage tall fret, bone nut, nut 1.650" (42 mm), black dot inlay, Vintage-Style Truss Rod.
  • Electronics: Pure Vintage '59 Single-Coil Strat pickups, Master Volume, Tone 1. (Neck Pickup), Tone 2. (Bridge/Middle Pickup), 5-Position Blade: Position 1. Bridge Pickup Position 2. Bridge and Middle Pickup Position 3. Middle Pickup Position 4. Middle and Neck Pickup Position 5. Neck Pickup.
  • Hardware: Pure Vintage 6-Saddle Synchronized Tremolo bridge, Pure Vintage Single Line "Fender Deluxe" tuning machines, 1-ply Eggshell Pickguard.

Gitaris sekaligus endorser Fender, Tyler Bryant sudah mendemokan gitar ini di channel youtube Fender, klik gambar dibawah untuk mendengar demo sound nya





Tertarik dengan gitar ini? Klik link ini!

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!