Bukan Lagi Sekadar Pendamping, Bass Mulai Mencuri Perhatian di Musik

by Tyo Harsono on Jul 19, 2021

Apa persamaan Billie Eilish, Dua Lipa, dan Olivia Rodrigo? Ya, mereka cantik, punya single atau album yang laris manis di pasaran. Apa lagi? Ada lagi?

Ya, ada. Sadar atau enggak, musik keluaran tiga penyanyi super top saat ini itu punya kesamaan, memiliki suara bass yang mendominasi.

Pada masa lalu, jarang sekali suara bass dominan di musik populer. Gitar, vokal, atau keyboard lebih sering menjadi sorotan dalam sebuah komposisi musik.

Dulu praktik band yang terdiri dari dua orang yang memainkan gitar dan drum cukup populer. Sebut saja The White Stripes dan The Black Keys.

Memasuki pertengahan dekade 2010an, perubahan terjadi. Semakin banyak musisi atau yang meninggalkan gitar dan beralih ke bass sebagai dasar lagu mereka.

Mulai dari lagu-lagu pop semacam tiga nama di atas, band elektronik seperti Twenty One Pilots, sampai band rock semacam Royal Blood membangun lagu di sekeliling bass.

Kini popularitas bass mulai meroket. Uniknya, kebanyakan lagu-lagu musisi di atas menggunakan bass sebagai synthesizer.

Mari ambil contoh Therefore I Am atau Bad Guy-nya Billie Eilish. Ketika live, kakak Billie, Finneas, memainkan bass Fender Mustang-nya sebagai synth.

Meski begitu, bukan berarti semua musik modern memainkan bass dengan cara seperti itu. Dengar saja album kedua Dua Lipa, Future Nostalgia.

Pada album itu, Dua mengawinkan musik modern dengan bass yang groovy. Teknik gabungan antara slap dan fingerstyle terdengar jelas di lagu itu.



Cara lain menggunakan bass dalam musik modern adalah dengan menggunakan efek sub octave. Kalau ini, Olivia Rodrigo yang menerapkannya.

Coba dengar Good 4 U dari album debut Olivia. Pada bagian verse, terasa efek sub octave digunakan meski hilang di reff dan bridge.

Belum lagi band seperti Royal Blood yang menggunakan bass seperti gitar. Mereka memakai efek octave up yang diujungnya membagi sinyal menjadi clean (untuk suara bass) dan suara yang terpengaruh efek.

Penggunaan bass yang semakin bervariasi seolah menegaskan perubahan peran instrumen itu. Apabila sebelumnya hanya pendamping, kini bass mulai menjadi perhatian utama.

Jadi buat para bassist, teknik atau sound seperti apa yang kalian suka? Apakah model Billie Eilish, Dua Lipa, Olivia Rodrigo, atau Royal Blood?

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!