5 Lagu Pop 2010an yang Gitarnya Asik untuk Dikulik

by Tyo Harsono on Jul 21, 2021

Musik pop dekade 2010an sering dianggap sebagai awal kematian gitar. Mulainya banyak musisi yang menggunakan MIDI (Musical Instrument Digital Interface).

Musik EDM merajai awal sampai pertengahan dekade 2010an. Saat itu banyak DJ yang naik daun seperti David Guetta, Tiesto, atau Armin van Buuren.

Meningkatnya minat terhadap musik elektronik membuat ketertarikan terhadap gitar sempat redup. Bahkan sampai Washington Post sempat membuat artikel tentang gitar elektrik yang mati suri.

Akan tetapi, sebenarnya kalu diperhatikan lebih baik, enggak sedikit loh lagu pop 2010an yang punya part gitar asik untuk dikulik.

Lucunya kalau diperhatikan, di dekade sebelumnya banyak part solo gitar sebagai pelengkap lagu. Nah, di lagu-lagu pop dekade 2010an gitar petikan lebih populer.

Di masa PPKM darurat ini, ada baiknya memang tetap di rumah saja karena banyak kegiatan yang bisa kita lakukan. Contohnya? Mempelajari lagu baru di gitar.

Nah, Smosyu Music merangkum lima lagu pop 2010an yang asik untuk dikulik. Apa saja? Cek daftarnya di bawah ini!

1. James Bay - Let It Go

Jagoan gitar asal Inggris, James Bay, melejit berkat album pertamanya, Chaos and the Calm (2015). Pada album itu, Bay menjagokan single Let It Go.

Meski lagu pop, permainan gitar Bay di Let It Go enggak bisa dianggap remeh. Dari awal sampai akhir, dia memainkan petikan di gitarnya.

Apa yang bikin asik untuk dikulik?

Bay memainkan gitar Epiphone Century-nya dengan tuning diturunkan lebih rendah (D-G-C-F-A-d). Intro Let It Go sudah cukup menarik dan familiar oleh kebanyakan orang.

Akan tetapi, bagian paling menarik dari Let It Go adalah solo-nya. Bay membuat part solo yang enggak ribet.

2. the Chainsmokers feat Daya - Don't Let Me Down

Dalam lagu yang dirilis pada 2016 ini, the Chainsmokers berduet dengan penyanyi wanita Daya. Don't Let Me Down sendiri sempat populer saat pertama keluar.

Meski kental dengan nuansa EDM dan trap, Don't Let Me Down punya part gitar yang menarik. Uniknya, awalnya enggak ada part gitar di lagu ini!

Apa yang bikin asik untuk dikulik?

Kalau mendengar lagu ini, di awal kita sudah disuguhi suara gitar yang dipenuhi dengan echo. the Chainsmokers sendiri mengaku merekamnya dengan Fender dan plugin digital.

Kalau kamu punya efek delay/reverb/echo, bisa banget untuk mengulik lagu ini. Perpindahan chord di lagu ini juga cukup menarik dan kita bisa belajar transisi serta tahu kapan harus memainkan gitar dan tidak.

3. Ed Sheeran - One

Bukan rahasia kalau Ed Sheeran dan gitar akustik hal yang enggak terpisahkan. Dalam lagu-lagunya, Sheeran punya banyak lagu dengan petikan menarik.

Kalau disuruh memilih satu lagu Sheeran dengan gitar paling asik dikulik, penulis memilih One. Apalagi kalau kamu sedang mellow, lagu ini rasanya cukup cocok.

Apa yang bikin asik untuk dikulik?

One punya transisi antara petikan dan strumming yang sangat asik. Ketika pada bagian intro sampai awal lagu kita disuguhkan dengan petikan, memasuki tengah ke akhir, permainan strumming Sheeran mendominasi.

Kombinasi petikan dan strumming juga muncul pada bagian pertengahan lagu. One bisa menjadi pilihan tepat untuk dikulik kalau kamu ingin bermain dengan gaya seperti itu.

4. Taylor Swift - We Are Never Ever Getting Back Together

Taylor Swift terkenal sebagai musisi perempuan yang lagu-lagunya punya part gitar asik. Bahkan dia sering memainkan sendiri gitarnya.

Di We Are Never Ever Getting Back Together Swift memang enggak memainkan sendiri gitarnya. Namun lagu ini adalah salah satu yang punya part gitar asik.

Apa yang bikin asik untuk dikulik?

Hampir semua part gitar di lagu ini dimainkan oleh Shellback. Sebenarnya We Are Never Ever Getting Back Together enggak terlalu susah.

Lagu ini bagus untuk belajar mengatur tempo. Pasalnya dengan tempo yang pelan, kamu harus bisa mengatur petikan agar enggak keluar dari ketukan drum.

5. Justin Bieber - Love Yourself

Justin Bieber membuat gebrakan ketika mengeluarkan Love Yourself pada 2015. Banyak yang menganggap lagu ini sebagai pendewasaan Bieber dalam bermusik.

Diciptakan bersama Ed Sheeran, banyak yang mengira Sheeran juga bermain gitar di lagu ini. Sayangnya bukan Sheeran yang bermain gitar di sini (walau bukan Bieber juga sih), melainkan Benny Blanco.

Apa yang bikin asik untuk dikulik?

Walau bukan Sheeran yang bermain gitar di lagu ini, rasa gitaris asal Inggris itu masih terasa kental. Petikan-petikan khas Sheeran mewarnai sepanjang lagu.

Lewat Love Yourself, kamu bisa mengulik cara mute gitar dengan baik. Selain itu petikan dalam lagu ini juga asik untuk dikulik (spoiler, terdengar mudah padahal cukup susah).

Mau nonton berbagai film dan acara musik seru dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!