Timnas Inggris dan Kutukan Paten Mick Jagger

by Tyo Harsono on Jun 25, 2021

"You can't always get what you want. But if you try, sometimes you'll get what you need," - The Rolling Stones.

Mick Jagger adalah musisi rock papan atas di Inggris. Namun, kehadirannya tidak diharapkan oleh pendukung timnas Inggris pada ajang-ajang besar.

Bukan tanpa alasan, Jagger di dunia sepak bola identik dengan kutukannya. Tim yang dia dukung sering menelan kekalahan.

Contoh terbarunya di Piala Dunia 2018 silam. Saat itu, pentolan The Rolling Stones tersebut 'membuat' timnas Inggris kalah dari Kroasia di semifinal.

Semua bermula dari Piala Dunia 2010. Saat itu, Jagger mendukung tiga tim, Inggris, Brasil, dan Amerika Serikat. Ketiganya tumbang begitu saja.

Paling terkenal adalah di Piala Dunia 2014. Saat itu, Jagger dua kali memberikan dukungan untuk The Three Lions yang berujung kekalahan.

Prediksi Jagger adalah Italia dan Inggris bakal mengalahkan Uruguay. Nyatanya kedua tim gagal mengatasi La Celeste.

Selain itu dia sempat mendukung Brasil saat melawan Jerman. Hasilnya? Neymar dan kawan-kawan kalah 1-7 dari Der Panzer.

Lucunya, di media sosial Jagger seolah mengakui kutukan tersebut. Menurutnya, dia mungkin bertanggung jawab atas gol pertama Jerman, tetapi tidak enam lainnya.

"Kalian boleh menyalahkan saya atas gol pertama Jerman, saya bertanggung jawab. Tetapi tidak dengan enam gol lainnya," tulis Jagger ketika itu.

Setelah kejadian itu, orang-orang di Jerman punya julukan baru untuknya, Pe Frio (arti harafiahnya si kaki dingin, tetapi di Brasil diberikan untuk orang-orang yang membawa nasib buruk).

Menariknya, Jagger membuat lagu yang seolah membenarkan kutukan itu. Dalam single-nya, dia menulis lagu berjudul England Lost.

Di tengah pandemi Covid-19, nampaknya Mick Jagger enggak bisa hadir di EURO 2020. Patut dinanti, bisakah Inggris juara tanpa kehadiran Jagger?

Enggak mau ketinggalan lihat perjuangan timnas Inggris berusaha memutus kutukan Mick Jagger di EURO 2020 dan punya kesempatan menangin gitar? Klik link ini!