Membedah Alasan di Balik Harga Selangit PRS

by Tyo Harsono on Jun 21, 2021

Buat penggemar Anime atau Manga sekaligus pencinta musik, pasti minimal pernah dengar soal Beck. Karya Harold Sakuishi itu salah satu karya tentang anak band kenamaan di era 2000an.

Di Manga itu karakter utamanya mau beli PRS karena musisi asal Amerika Serikat. Nah, waktu mau beli gitar itu dia serasa ditampar realita karena harganya yang cukup mahal.

Bukan rahasia kalau gitar buatan PRS memang lebih mahal ketimbang kompetitornya. Khususnya untuk PRS USA. Memang beberapa tahun ke belakang PRS juga membuat seri S2 atau CE dengan harga lebih terjangkau. Tapi sekarang kita berbicara awal mula PRS yang memang terkenal dengan gitar premium.

Padahal kalau kita menilik sejarah, PRS yang merupakan akronim dari Paul Reed Smith enggak punya sejarah sepanjang Fender atau Gibson.

Jadi, sebetulnya pantes enggak sih PRS membanderol gitar mereka dengan harga segitu? Yuk simak hasil penelusuran kami soal alasan kenapa gitar PRS mahal banget.

Salah satu faktor yang membuat PRS lebih mahal adalah dari segi material yang mereka gunakan. Mereka berani memakai kayu yang unik untuk gitarnya.

Bahkan PRS punya tim sendiri khusus untuk memilih kayu material gitar. Lewat kurator itu nantinya ditentukan mana kayu yang akan mereka pakai. 

Bukan cuma kayu, dari segi komponen lain PRS juga memakai kualitas tingkat tinggi. Paul sendiri beberapa kali menegaskan hal itu.

Beberapa alasan lain juga karena gitar-gitar PRS punya karakter khusus. Mulai dari desain headstock, fretboard dengan inlay khas prs, set neck dan lekukan di body bagian atas.

Cara pembuatan itu butuh skil dari luthier PRS lebih detail. Bandingkan dengan gitar-gitar lain, let's say Fender dengan design bolt on, sehingga pada saat pengerjaan ada kesalahan lebih mudah mengganti dengan part lain, dan design nya yang memang tidak serumit PRS.

Artinya, pembuatan gitar PRS memang membutuhkan biaya lebih demi mendapatkan hasil terbaik. 

Selain itu, pendorong terbesar biaya untuk pembuatan gitar listrik dan akustik adalah tempat pembuatannya. Pada dekade sebelumnya, produsen gitar membangun sebagian besar instrumen mereka di Amerika Serikat.

Kemudian mereka memindahkan beberapa manufaktur ke luar negeri. Pergeseran ini dimaksudkan untuk mengambil keuntungan dari ketersediaan pekerja berupah rendah.

Dengan demikian, memungkinkan produsen untuk membangun instrumen dengan harga yang lebih rendah di pasar. Pabrikan sering menggunakan strategi ini dalam kombinasi dengan pembuatan gitar dengan part gitar dan suku cadang berkualitas lebih rendah juga.

Hal tersebut sekali lagi membantu menjaga instrumen buatan luar negeri lebih murah daripada opsi buatan AS. Meski gitar yang dibuat di luar negeri dikenakan tarif dan biaya pengiriman, ternyata biaya tenaga kerja dan suku cadang yang lebih rendah masih dapat menutupi perbedaan harga yang ingin dicapai oleh produsen.

Faktor kedua dalam biaya gitar PRS adalah kualitas bahan. PRS terkenal menggunakan tonewood yang menarik atau unik, termasuk Swamp Ash atau Brazilian Rosewood (jika memungkinkan).

Tanpa ragu, PRS memilih tonewood terbaik untuk instrumen high-end mereka, dan juga contoh terbaik dari tonewood tersebut.

Termasuk di antaranya memilih kayu maple yang berpola menarik, dengan karakteristik seperti quilting, dan seperti yang dijelaskan PRS, "tidak ada titik mati" atau "10 Top".

Ini juga termasuk memilih kayu yang memiliki kualitas sonik terbaik.
Perlu diingat bahwa untuk menggunakan bahan yang dipilih secara khusus seperti ini, memerlukan waktu dan upaya untuk menyortir dan memilih bagian yang akan digunakan, sehingga meningkatkan biaya.

Selain itu dari segi customer support dan service, PRS juga memang lebih baik ketimbang rivalnya. Hal-hal seperti itu yang terkadang tidak calon pembeli ketahui di balik harga sebuah gitar.

Pastinya di balik harga mahal PRS, terdapat berbagai kualitas yang mereka tawarkan. Mulai dari segi tonewood, part, sampai pelayanan customer.

Enggak mau ketinggalan nonton pertandingan EURO 2020 dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik link ini!