Ketika Behringer dan TC Electronics Menantang Dunia

by Tyo Harsono on Jun 30, 2021

Meski terkenal sebagai produsen pedal andal, Behringer kerap dianggap remeh. Semua berubah ketika mereka mengakuisisi TC Electronics.

TC Electronic sendiri berdiri sejak 1976. Saat itu, dua musisi kakak beradik, Kim dan John Rishoj, membangun perusahaan itu.

Produk pertama mereka adalah SCF (Stereo Chorus + Pitch Modulator & Flanger). Produk itu cukup laris sehingga merilis delay pada 1985.

Banyak produk mereka yang sukses di pasaran. TC Electronic terkenal sebagai produsen pedal berkualitas.

Semua berubah mulai Agustus 2015. Tak banyak yang tahu kalau sejak saat itu raksasa produsen pedal lain, Behringer mengakuisisi mereka.

Behringer sendiri berdiri sejak 1989 dengan nama Music Group. Pendiri mereka adalah Uli Behringer dan didirikan di Manila, Filipina.

Sejak berdiri, Behringer memiliki reputasi sebagai pembuat pedal kloning Boss. Mereka sering dianggap remeh karena memiliki enclosure plastik.

Meski demikian, bukan berarti Behringer enggak laku. Model bisnis mereka sedikit berbeda karena Behringer kerap memproduksi komponen langka untuk membuat pedal.

Punya uang banyak dan reputasi kurang bagus di dunia pedal, Behringer mencari cara meningkatkan penjualan. Behringer pun mengakuisisi TC Electronics.

Salah satu langkah yang Behringer lakukan untuk merebut pasar adalah dengan merilis pedal baru dengan nama TC Electronics.

Sebelumnya nama TC Electronics memang tengah hangat karena inovasi yang mereka keluarkan. Sebut saja varian Toneprint lewat Hall of Fame atau Corona.

Dalam varian terbaru, TC Electronic mengeluarkan barisan pedal analog. Beberapa di antaranya adalah Cinders (overdrive), Echobrain (delay), dan Rusty (fuzz).

Rupanya seri baru dari TC Electronics tersebut menggunakan sirkuit Behringer. Perubahan sengaja dilakukan untuk rebranding Behringer.

Behringer seolah ingin menunjukkan pedal buatan mereka sebenarnya mumpuni. Dengan perubahan enclosure, citra buruk mereka bisa hilang.

Sekitar enam tahun setelah bergabung dengan Behringer, TC Electronics masih merilis produk analog mereka. Menariknya, produk TC Electronics mendapat sambutan lebih baik ketimbang Behringer. Aneh bukan?

Enggak mau ketinggalan nonton pertandingan EURO 2020 dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!