Eric Johnson dan Fender Stratocaster yang Nyaris Sempurna

by Tyo Harsono on Jun 2, 2021

Eric Johnson dengan Fender Stratocaster miliknya bagai dua hal yang tidak terpisahkan. Menariknya, untuk mencari kesempurnaan, berbagai cara sudah dia lakukan.

Lahir di keluarga musisi, Eric Johnson kecil sudah mendapat pelajaran sejak dini. Johnson pertama kali mengenal gitar saat berusia 11 tahun. Bahkan, dia sudah masuk ke band saat baru berumur 15 tahun.

Jatuh bangun sempat dia alami pada awal kariernya. Namun namanya mulai terdengar ketika menjadi gitaris Cat Stevens dan Carole King.

Sejak awal kariernya Johnson terkenal menggunakan Fender Stratocaster. Selain itu, dia juga sering memakai Gibson ES-335.

Meski begitu, Johnson sudah menjalin kerja sama dengan Fender sejak 2005. Saat itu, kesempurnaan yang dia cari. Berbekal Stratocaster 1957 kesayangannya, Fender membuatkan signature.

Enggak kayak gitaris lain yang nerima Stratocaster apa adanya, Johnson tahu gitar itu punya potensi lebih. Hal itu yang bikin dia minta Fender untuk mengeluarkan gitar berdasarkan Stratocaster 1957 kesayangannya.

"Fender memakai Stratocaster favoritku. Itu adalah buatan 1957 dengan warna sunburst yang punya neck maple. Aku membelinya di Florida saat tur beberapa tahun lalu," ujar Johnson dalam sebuah wawancara.

Gitar signature Johnson punya berat yang lebih ringan ketimbang Stratocaster lain. Bahan pembuatannya adalah Alder yang dilapisi nitro-cellulose.

"Semua gitarku punya lima per (di bagian belakang). Tetapi enggak seperti punya Eric Clapton yang jaraknya berdekatan," katanya.

"Selain itu, semua penutup belakang sudah kulepas dari semua gitarku. Menurutku, gitar terdengar lebih baik dengan begitu," imbuhnya.

Tak cukup sampai di situ, gitar milik Johnson juga punya pickup khusus. Gitaris berumur 66 tahun itu bekerja sama dengan Fender Custom Shop untuk membuat pickup terbaik.

"Aku ingin pickup ini terdengar seperti dari gitar tahun 1950an. Tetapi aku juga mau pickup bridge terdengar lebih terang," papar Johnson.

"Mungkin ini salah satu bagian yang tidak kami (Johnson dan Fender) dari gitar 1957 ku. Aku dan Michael Braun merancangnya," lanjut Johnson.

Perbedaan lain terdapat pada neck-nya. Neck Fender Stratocaster Eric Johnson Signature memiliki radius 12 fretboard dan profile soft V. Uniknya, enggak ada string tree jadi neck-nya di shim.

Keinginan menyempurnakan Stratocaster juga terlihat dari adanya tone control untuk pickup bridge. Hal tersebut guna mengakali pickup bridge yang kerap menjadi masalah di gitar jenis itu.

Hal itu membuat gitar tersebut harus mengalami pengorbanan. Satu di antara pengorbanan yang Johnson lakukan adalah jadi enggak ada tone buat middle pickup.

Fender dan Eric Johnson sudah beberapa kali mengeluarkan signature series. Beberapa di antaranya adalah Fender Eric Johnson Rosewood Stratocaster, Fender Eric Johnson Maple Stratocaster, serta Fender Eric Johnson Thinline Stratocaster.