Eric Clapton, Blackie, dan Pengaruh Besar Jimi Hendrix

by Tyo Harsono on Jun 28, 2021

Semasa masih berkarier di Cream, Eric Clapton identik dengan Gibson Les Paul. Namun, semua berubah sejak memasuki dekade 1970an.

Pengaruh Jimi Hendrix dan Steve Winwood membuat Clapton 'murtad'. Dia tanggalkan humbucker dan single cut dan menukarnya untuk Fender Stratocaster.

Double cutaway yang dimiliki oleh Stratocaster serta pickup single coil pun menjadi identitas baru Clapton di dekade 1970an.

Stratocaster pertama Clapton diberi nama Brownie. Nama itu muncul karena warna cokelat dari sunburst yang melekat dalam tubuh gitar itu.

Merasa ketagihan, pada tahun itu, Clapton membeli enam Stratocaster produksi tahun 1950an. Dari enam gitar, tiga di antaranya dia berikan untuk teman-temannya.

Satu gitar dia berikan untuk Winwood. Sementara dua lainnya menjadi milik George Harrison dan Pete Townshend.

Dari sisa tiga gitar, Clapton memilih bagian terbaik dari masing-masing Stratocaster. Kemudian gitaris asal Inggris tersebut membawanya ke seorang luthier.

Dari situ lah gitar yang dia beri nama Blackie lahir hasil perkawinan tiga Stratocaster produksi 1956 dan 1957. Nama itu diambil dari warna hitam gitar tersebut.

Sejak 1973, Blackie menjadi gitar nomor satu Clapton. Sayangnya Clapton tidak lagi memakai gitar itu sejak 1985 karena usia gitar yang semakin menua.

Menariknya, Fender sudah membuat replika Blackie sejak 1983. Namun, saat itu mereka hanya memberikannya untuk Clapton sebagai gitar cadangan.

Baru sejak 1985, ketika memensiunkan Blackie, gitar signature Clapton baru lahir. Dengan teknologi saat itu, mereka mengkreasi ulang Blackie lama.

Saat itu pembuatan Blackie ditangani langsung oleh beberapa master builder Fender. Termasuk di antaranya Dan Smith serta John Page.

Meski sudah menjalin kesepakatan sejak 1985, baru dua tahun berselang kontrak antara Clapton dan Fender terjalin.

Sejak saat itu beberapa kali varian Blackie keluar sebagai signature Clapton. Mulai dari seri signature reguler Fender sampai custom shop.

Perbedaan utama Blackie dengan Stratocaster lain adalah penggunaan sepotong kayu maple untuk neck nya. Selain itu bentuk neck adalah V (yang jarang dipakai di gitar modern).

Menariknya, dua di antara tiga pickup Blackie punya spesifikasi Stratocaster 1950an. Sementara satu lainnya spesifikasi 1970an.

Perbedaan lain adalah penggunaan lima per di bagian belakang gitar. Padahal biasanya Stratocaster hanya memakai tiga per.

Enggak mau ketinggalan nonton pertandingan EURO 2020 dan dapetin kesempatan memenangi gitar? Klik banner di bawah ini!