Cara Baru Nonton Konser di Era Pandemi Covid-19

by Tyo Harsono on Jun 16, 2021

Satu tahun lebih sudah Covid-19 hadir di tengah-tengah umat manusia. Berbagai aktivitas sulit dilakukan, termasuk di antaranya konser musik.

Sebelum Covid-19, masyarakat di berbagai belahan dunia akrab dengan yang namanya konser musik. Berbagai panggung menampilkan musisi top, baik lokal maupun internasional.

Bagaimana tidak, dalam normal baru (demikian mereka menamakannya), interaksi antar umat memang dibatasi. Hal itu karena Covid-19 bisa menyebar lewat interaksi.

Beruntung, perkembangan ilmu pengetahuan teknologi (iptek) sudah semakin maju. Akhirnya, sejak pertengahan 2020, konser virtual mulai menjamur.

Mungkin euforia konser virtual tidak semengesankan datang ke lokasi. Namun, itu merupakan cara paling efektif menanggulangi kerinduan menonton konser.

Bagi musisi sendiri, konser virtual adalah salah satu cara mengekspkresikan karya mereka. Selain itu, tentu saja bertahan hidup.

Tentu saja membuat konser virtual tidak seperti konser biasa. Banyak pertimbangan dan persiapan harus lebih matang.

Ajang sebesar Summersonic saja misalnya, mereka menggelar edisi 2020 lalu secara virtual. Pun demikian dengan Glastonbury 2021.

Apalagi kualitas koneksi internet juga berpengaruh. Bagaimana caranya agar penggemar bisa mendapat pengalaman unik yang tidak kalah dari mendatangi konser konvensional.


Di Indonesia sendiri berbagai jenis konser digital sudah berlangsung. Tentu semua event organizer ingin memberikan pengalaman berbeda.Ada yang hanya mengandalkan line-up musisi lokal. Tetapi ada juga yang berani memasukan musisi internasional ke dalam line up mereka.

 

Bahkan, tren terkini membuat konser virtual semakin menjamur. Rasanya kerinduan pergi menonton konser sudah semakin menggila.

Menariknya, semakin menjamurnya tren konser digital mulai banyak yang menghadirkan konser eksklusif. Artinya, hanya platform tersebut yang menyajikan konser-konser tersebut.

Sepertinya dengan kondisi saat ini (dan sampai vaksin Covid-19 terdistribusi dengan baik), pencinta musik harus puas dengan keberadaan konser virtual.

Beberapa negara memang memperbolehkan konser konvensional. Namun, peraturannya cukup ketat dan hanya mereka yang sudah memiliki vaksin.

Jadi gimana? Berapa konser virtual yang sudah pernah kamu datangi? Enggak mau ketinggalan nonton konser virtual band favoritmu sekaligus dapat kesempatan menangin gitar? Klik link ini!