Rolled Fretboard Edges, Bikin Gitarmu Makin Nyaman!

by Tyo Harsono on May 14, 2021

Dalam beberapa tahun terakhir, sadar enggak sih ada beberapa tren baru di dunia gitar. Pertama, roasted maple neck, terus rolled fretboard edges.

Mari simpan roasted maple neck untuk lain kali. Sekarang, sepertinya lebih enak membahas rolled fretboard edges dulu.

Tren rolled fretboard edges awalnya muncul di gitar-gitar mahal. Sebenarnya, hal tersebut bukan hal baru loh!

Kalau ditelusur lebih jauh, sebenarnya Fender American Series (sekarang menjadi American Professional) sudah memakainya sejak 2000.

Sejatinya teknik membuat bagian pinggir produk kayu sudah ada di furnitur, sebelum di gitar. Alasannya penggunaan teknik tersebut guna menghindari kecelakaan anak kecil yang sering terluka karena ujung furnitur yang tajam.

Menariknya, Fender mengaplikasikan teknik tersebut untuk pembuatan gitar. Alasan mereka saat itu adalah demi kenyamanan saat menggenggam gitar.

Rupanya, lagi-lagi inovasi Fender diikuti oleh produsen gitar lain. Mulai dari Gretsch, Gibson, sampai Musicman mulai membuat gitar dengan rolled fretboard edges.

Lalu, apa sebenarnya rolled fretboard edges? Seberapa sulit teknik tersebut sampai sempat hanya ada di gitar-gitar mahal?

Rolled fretboard edges adalah teknik menumpulkan bagian sisi fretboard. Fungsinya seperti yang sudah kami sebut di atas, guna membuat gitar lebih nyaman dalam genggaman.

Berbeda dengan kebanyakan teknik pembuatan gitar yang sudah menggunakan mesin, rolled fretboard edges masih harus dilakukan secara manual.

Cara paling mudah adalah dengan mengampelas bagian pinggir fret. Namun, risikonya adalah bagian fret bisa menjadi tumpul andai tidak berhati-hati.

Selain itu, hati-hati jika gitarmu memiliki binding ya. Pasalnya binding bisa hilang dalam proses pengampelasan bagian neck.

Jadi, kalau memang kamu tidak yakin, minta saja luthier andal untuk mengampelas gitarmu. Opsi lain adalah membeli gitar yang memang sudah memiliki rolled fretboard edges.

Toh sudah ada beberapa gitar murah yang memiliki rolled fretboard edges. Sebut saja Squier, Sire, dan Bacchus yang sudah memiliki gitar dengan pinggiran fret 'empuk'.

Jadi, bagaimana, sudah siap memiliki gitar dengan rolled fretboard edges?