Paul McCartney dan Bass Unik Berbentuk Biola

by Tyo Harsono on May 10, 2021

Bicara soal The Beatles, tak mungkin melupakan Paul McCartney. Membicarakan McCartney, dia identik dengan bass berbentuk biola.

Bass yang biasa digunakan oleh McCartney adalah Hofner 500/1. Diproduksi di Jerman, pembetot bass The Beatles itu membelinya setelah Stuart Sutcliffe keluar pada Juli 1961.

Setelah berdiskusi, salah satu dari McCartney, John Lennon, atau George Harrison harus pindah posisi menjadi bassist.

Akhirnya McCartney yang menjadi bassist. Memiliki tangan kidal, Macca kesulitan membeli bass Fender untuk tangan kiri.

Bukan tanpa alasan, harga Fender kidal sangat mahal untuk Macca saat itu. Sampai akhirnya dia melihat bass berbentuk biola.

Kemudian, sisanya tinggal sejarah. McCartney dengan bass berbentuk biolanya menaklukkan dunia bersama The Beatles.

Hofner 500/1 sendiri dibuat pada 1955. Adalah Walter Hofner yang membuat bass tersebut sebelum merilisnya pada 1956.

Hofner mulai menjual bass tersebut di Frankfurt 1956. Saat itu niatnya adalah membuat bass yang mirip dengan double bass.

Selain itu, Hofner sebelumnya terkenal sebagai produsen biola menjadi alasan pembuatan dengan bentuk tersebut. Pasar mereka jelas, bassist yang bermain jazz.

Akan tetapi, Hofner bukan satu-satunya produsen yang mengeluarkan bass dengan bentuk biola. Sebelumnya, sudah ada Gibson yang terlebih dulu merilis produk serupa.

Dua tahun sebelum Hofner merilis 500/1, Gibson sudah mengeluarkan bass dengan bentuk sama. EB-1 alias Electric Bass 1 menjadi produk keluaran Gibson.

Saat itu mereka ingin menyaingi bass buatan Fender yang sedang populer, Precision. Menariknya, Gibson EB-1 memiliki gambar berupa lubang berbentuk F.

Hofner sendiri memang masih memproduksi 500/1. Namun, harganya cukup mahal karena mereka memproduksinya di Jerman. Sedangkan Gibson tak lagi menjual EB-1.

Akan tetapi, terdapat beberapa alternatif jika ingin bergaya seperti Paul McCartney. Hofner mengeluarkan seri murah seperti Ignition.

Selain itu, ada juga produk Epiphone yang mirip Hofner 500/1. Adalah Epiphone Viola yang merupakan salah satu alternatif jika ingin terlihat seperti McCartney.

Viola sendiri menjadi salah satu bass produksi paling lama Epiphone. Telah rilis sejak 1995, Epiphone tidak pernah menghentikan produksi Viola.

Jadi, sudah siap bergaya ala Paul Mccartney dan memainkan tribute The Beatles?