Lucille, Si Hitam Sexy Kekasih BB King

by Tyo Harsono on May 3, 2021

"The sound that you're listening to is from my guitar that's named Lucille, I'm very crazy about Lucille," - BB King, My Lucille.

Siapa sih, gitaris yang enggak kenal BB King? Lahir di Mississippi dengan nama Riley B. King tersebut kerap disebut sebagai Rajanya Musik Blues.

Sepanjang kariernya, King kabarnya tampil dalam 200 konser per tahun. Pada 1956 sendiri, dia tampil pada 342 panggung.

Melihat BB King, pasti langsung teringat ke gitar hitam cantik miliknya. 'Lucille' demikian King menamai gitar tersebut.

Cerita bermula pada 1949. Saat itu King muda tengah bermain di Arkansas. Sayangnya terdapat insiden saat acara berlangsung.

Dua pria mulai bertengkar dan akhirnya menjatuhkan drum berisi minyak. Kemudian api membakar minyak tersebut sehingga tempat kejadian terbakar habis.

Menariknya, King muda sempat menyadari gitarnya tertinggal di dalam. Riley pun mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan gitar Gibson L-30 seharga 30 dolar (333 dolar saat ini).

Keesokan harinya musisi legendaris tersebut mengetahui pertengkaran kedua pria itu akibat memperebutkan seorang wanita bernama Lucille.

Menyadari hal tersebut, King pun menamai gitarnya Lucille. Menurutnya, hal tersebut sebagai pengingat agar tidak pernah melakukan dua hal bodoh: lari ke bangunan yang terbakar atau berkelahi karena wanita.

Sepanjang kariernya, King sempat menggunakan berbagai macam gitar. Mulai dari Fender Telecaster, Gibson ES-335, ES-345, dan ES-355.

Sampai akhirnya BB King dan Gibson bekerja sama pada awal 1980an. Kala itu keduanya berniat membuat gitar sesuai keinginan King.

Akhirnya gabungan ES-335, ES-345, dan ES-355 pun menjadi pilihan King. Pasalnya Sang Raja menyukai beberapa aspek dari masing-masing gitar.

Lucille, demikian King dan Gibson menamai gitar tersebut. Menariknya tidak ada lubang yang identik dengan gitar hollow body di sana.

Warna hitam dipilih untuk menghiasi gitar tersebut. Sementara itu ornamen lain berwarna emas dengan mother of pearl inlays.

Uniknya terdapat knob varitone pada gitar tersebut. Selain itu, tulisan dengan nama BB King sendiri ada di bagian fretboard.

Dalam wawancara dengan Guitar Player pada 2007, King mengungkapkan alasannya bekerja sama dengan Gibson. Mudah saja, kenyamanan dari neck panjang.

"Fender, Gretsch, Silvertones, sebut saja berbagai merk. Mungkin saya punya satu. Ketika saya menemukan Gibson dengan neck yang panjang, seperti menemukan cinta sejati Anda," ungkap King.

Gibson dan King sendiri pernah merilis beberapa kali versi spesial dari Lucille. Contohnya Little Luclille yang menggunaka Blueshawk alih-alih gitar hollow body.

Gibson sendiri mengakui tidak menjual banyak Lucille. Namun, kepergian BB King pada 2015 membuat gitar tersebut mendadak laris seperti kacang goreng.

Hingga kini, Gibson sendiri masih merilis Lucille. Selain ada Gibson, terdapat juga produksi anak perusahaan itu, Epiphone.