Gibson Les Paul, Tapi Kok Double Cut?

by Tyo Harsono on May 5, 2021

Body dari kayu mahogany dan venetian cut di bagian bawah menjadi ciri khas dari Gibson Les Paul. Loh, tapi kok ada yang punya double venetian cut?

Segalanya bermula pada 1955. Saat itu Gibson mengeluarkan gitar Les Paul TV model. Saat itu tujuannya adalah untuk memberikan gitar untuk pemula.

Terdapat dua bagian dari seri tersebut. Pertama menggunakan satu pickup lalu ada juga yang memakai dua pickup.

Bedanya dengan Les Paul biasa adalah, gitar untuk pemula ini menggunakan slab body. Artinya, tidak ada cutaway di bagian body gitar.

Tiga tahun berselang, Gibson melakukan perubahan radikal. Pada akhir 1958, mereka menghentikan produksi Les Paul dengan format seperti itu.

Mulai 1959, Gibson menggunakan format baru. Alih-alih memiliki single cutaway, kali ini Les Paul ada dua venetian cut di setiap sisi.

Memang tidak ada keterangan resmi mengenai ini. Namun, kesuksesan Fender dengan Stratocaster yang memiliki double cut menjadi inspirasi.

Pada 1950an, Stratocaster merajai penjualan gitar. Dua venetian cut tak simetris membuat gitar tersebut dianggap lebih mudah untuk mengakses nada tinggi.

Terinspirasi dari rivalnya, Gibson pun mengubah drastis desain Les Paul untuk pemula. Mereka beranggapan hal itu bisa membantu gitaris pemula.

Penggunaan dua venetian cut membuat akses ke fret-fret tinggi. Dengan demikian bisa mengurangi risiko kesulitan untuk melakukan atraksi di nada tinggi.

Saat itu banyak yang menjuluki produk anyar itu sebagai Gibson Les Paul Double Cut. Ya, keberadaan dua venetian cut serta nama yang masih sama melatari julukan itu.

Ada dua varian Les Paul Double Cut saat itu. Pertama adalah Junior yang menggunakan satu pickup, lalu Special dengan senjata dua pickup.

Keberadaan venetian cut di bagian atas juga membantu gitaris yang biasa bermain sambil berdiri. Saat itu gitar Gibson terkenal sering neck dive (bagian depan neck tidak seimbang saat digantung dengan strap).

Sayangnya penjualan Les Paul Double Cut saat itu tidak terlalu laris di pasaran. Akhirnya, pada 1961 raksasa gitar asal Memphis itu pun menghentikan produksinya.

Sempat lama menghilang dari pasaran, baru pertengahan 1970an Gibson merilis kembali Les Paul Double Cut. Saat itu mereka menggunakan embel-embel reissue.

Gitar tersebut bertahan di pasaran sampai pertengahan 1990an. Beberapa varian Les Paul Double Cut sendiri sempat muncul di pasaran.

Saat ini, ada beberapa varian Les Paul Double Cut yang masih diproduksi oleh Gibson. Sebut saja yang mahal seperti Les Paul Special Double Cut Figured Top, menengah Gibson Les Paul Standard Plus Double Cut, sampai entry level macam Les Paul Junor Tribute Double Cut.

Meski sempat lama tidak produksi, bukan berarti Gibson Les Paul Double Cut adalah gitar jelek. Buktinya, banyak gitaris yang memakainya.

Beberapa gitaris top pernah menggunakan Les Paul Double Cut. Sebut saja Billie Joe Armstrong (Green Day), Alana Haim (Haim), atau Keith Richards (The Rolling Stones).