Fender Ultra Luxe Sebagai Jawaban Fender ke Para Pesaingnya

by Tyo Harsono on May 26, 2021

Fender dan gitar adalah dua kata yang hampir menjadi sinonim. Di tengah kompetisi antara produsen gitar, Fender mengeluarkan Ultra Luxe sebagai jawaban ke para pesaingnya.

Siklus dua tahunan Fender dalam berinovasi terus berlanjut. Setelah sebelumnya mengeluarkan American Profesional II, kini giliran seri Ultra yang bersolek.

Tak terasa sudah dua tahun berlalu sejak Fender merilis seri modern tertinggi mereka saat ini, Ultra. Ketika itu, seri Ultra menggantikan American Elite.

Dua tahun silam Fender menjawab tudingan malas berinovasi lewat Ultra. Beberapa perubahan yang sebenarnya sudah lama pesaing mereka lakukan, baru muncul.

Sebut saja kontur di bagian bawah yang membuat pemain bisa mengakses fret paling ujung. Lalu tambahan dua fret menjadi 22.

Kontur tersebut masih mereka pertahankan di Ultra Luxe. Selain itu, perubahan fret dari 20 ke 22 juga masih menjadi fitur andalan.

Selain itu, fitur baru terdapat dalam spesifikasi Ultra Luxe. Salah satunya adalah Augmented D neck profiled yang memiliki rolled fingerboard (baca selengkapnya di sini).

Lalu, apa sih Augmented D Neck profiled? Neck terbaru Fender itu merupakan penyempurnaan dari Modern 'D' neck.

Selain itu, dari segi pickup menggunakan Ultra Noiseless Vintage. Pickup baru ini menghasilkan suara klasik khas Fender, tanpa dengungan (hum-free).

Selain itu terdapat S-1 switch di knob volume. Fungsinya adalah agar bisa mengombinasikan neck pickup dengan bridge atau mengaktifkan ketiga pickup.

Oiya, untuk segi tampilan pun Ultra Luxe benar-benar deluxe loh. Mereka memberikan fitur matching headstock untuk seri tersebut.

Inovasi lain adalah bekerja sama dengan Floyd Rose. Artinya, ada opsi untuk memakai tremolo sistem pada seri Ultra Luxe ini.

Sayangnya sejauh ini baru empat varian Ultra Luxe yang dirilis oleh Fender. Keempatnya berasal dari dua lini andalan produsen asal California itu, Telecaster dan Stratocaster.

Untuk seri Stratocaster, terdapat dua varian. Pertama adalah American Ultra Luxe Stratocaster yang tersedia dalam dua warna, two color sunburst dan plasma red burst.

Two color sunburst memiliki opsi fingerboard maple atau rosewood. Sementara plasma red burst hanya tersedia dengan maple.

Kemudian terdapat American Ultra Luxe Stratocaster Floyd Rose HSS. Ini adalah varian yang menggunakan Floyd Rose di bagian bridge.

Sayangnya hanya tersedia satu opsi warna, hitam. Selain itu, tak ada opsi fingerboard selain rosewood untuk seri ini.

Beralih ke Telecaster, terdapat American Ultra Luxe Telecaster. Varian ini punya dua warna, two color sunburst serta transparent surf green.

Menariknya, keduanya punya opsi berbeda. Two color sunburst hanya tersedia dengan maple, sementara transparent surf green hanya dengan rosewood.

Varian terakhir adalah American Ultra Luxe Telecaster Floyd Rose HH. Ini juga menggunakan Floyd Rose dengan konfigurasi dua humbucker.

Seperti di Stratocaster, sayangnya hanya tersedia satu warna, hitam. Sementara opsi fingerboard hanya maple untuk seri ini.