Fender Telecaster Deluxe dan Kontribusi HRD untuk Dunia Gitar

by Tyo Harsono on May 21, 2021

Penggiat gitar pasti tidak asing dengan nama Seth E. Lover. Identik dengan Gibson, keputusan cerdas HRD ke Seth berujung ke lahirnya Fender Telecaster Deluxe. Kok bisa?

Popularitas Gibson dengan gitar humbucker meningkat pada akhir dekade 1960an. Fender yang identik dengan gitar single coil pun mulai tersingkir.

Saat itu musik semakin keras. Gitaris rock klasik (yang masih baru saat itu) memilih gitar dengan humbucker. Alasannya, gitar single coil dianggap terlalu tipis.

Fender yang saat itu sudah menjadi milik CBS mulai melakukan aksi pembajakan. Divisi HRD melakukan tugasnya dengan baik.

Awalnya, HRD Fender membajak Dick Evans dari Gibson. Kala itu Evans bertugas sebagai kepala insinyur di perusahaan rival mereka.

Di sini, kinerja HRD di Fender melakukan fungsi terbaiknya. Mereka melakukan riset mengenai siapa saja sosok di balik suksesnya Gibson dengan gitar humbucker.

Rupanya Evans sendiri (dengan persetujuan HRD tentunya) membawa tim terbaiknya ke California. Salah satu sosok yang dia ajak adalah Seth.

Bagi yang belum tahu, Seth adalah orang yang merancang humbucker pertama kali untuk Gibson. Tahu bakal mendapat karyawan berkualitas, Fender berani menawarkan gaji besar.

"Saya bisa mendapat uang lebih banyak di Fender. Sebelum meninggalkan Gibson, Evans bergabung ke Fender terlebih dulu," ujar Seth dalam wawancara dengan Tony Bacon.

"Evans mengontak saya dan menawari pekerjaan di sana. Saya bertanya mengenai bayarannya. Di Gibson, saya mendapat 9000 dolar per tahun."

"Ketika itu Fender menawari saya bayaran 12000 dolar per tahun. Setelah itu mereka membayari tiket pesawat saya ke sana," tambahnya.

Bergabung dengan Fender sejak 1967, Seth berusaha membuat desain humbucker berbeda. Lima tahun bereksperimen, akhirnya karyanya di Fender lahir.

Fender Telecaster Deluxe, demikian buah cinta Fender dan Seth dinamai. Gitar tersebut memiliki humbucker baru bernama wide range humbucker.

Tak hanya menjadi senjata Telecaster Deluxe, beberapa varian juga ada di berbagai produk Fender. Termasuk di antaranya Telecaster Custom dan Thinline.

Wide range humbucker juga ada di gitar anyar Fender, Starcaster. Seperti Gibson seri ES, Starcaster memiliki desain semi hollow-body.

Sayangnya Fender Telecaster Deluxe 72 sempat kalah bersaing dengan Gibson Les Paul. Hasilnya Fender menghentikan produksi sembilan tahun berselang.

Beruntung, sejak 2004 Fender kembali merilis Telecaster Deluxe. Bahkan, kini terdapat versi Squier dari gitar tersebut.