Brazilian Rosewood vs Indian, Mana yang Lebih Oke?

by Tyo Harsono on May 19, 2021

Pada masa lalu, gitar dengan fretboard Brazilian Rosewood menjadi idaman. Kini, kayu tersebut tak lagi boleh menjadi fretboard sehingga digantikan Indian Rosewood.

Bersama Maple, Rosewood acapkali menjadi pilihan nomor satu sebagai bahan utama fretboard. Semua sebelum ada aturan CITES.

Sejak ada aturan CITES, Rosewood tak boleh lagi digunakan sembarangan. Hasilnya industri gitar pun mulai mencari alternatif.

Mulai dari Pao Ferro, Morado, sampai Indian Laurel menjadi barang substitusi. Namun, Rosewood tetap merupakan pilihan utama.

Hasilnya, aturan CITES pun diperbarui pada 2019. Rosewood boleh lagi digunakan, kecuali varian Brazilian.

Memang Indian Rosewood sudah boleh menjadi bahan pembuatan fretboard lagi. Namun, masih ada yang protes mengenai larangan Brazilian Rosewood.

Sebenarnya, apa sih beda Indian Rosewood dengan Brazilian Rosewood? Kenapa varian asal Amerika Selatan itu lebih digemari?

Jadi begini, sampai akhir dekade 1960an, gitar-gitar papan atas menggunakan fretboard dari Brazilian Rosewood.

Sebut saja Gibson Les Paul, Fender Stratocaster, Fender Jazzmaster. Belum lagi gitar akustik seperti Martin OOO-28.

Sejak 1969, penggunaan Brazilian Rosewood memang berkurang. Martin yang mengawali perpindahan ke Indian Rosewood kala itu.

Banyak yang skeptis dengan Brazilian Rosewood. Mereka mengira perbedaan dengan Indian Rosewood hanya di bentuk estetika yang lebih baik.

Padahal tidak juga, Brazilian Rosewood memang memiliki suara yang lebih lembut. Namun, rasanya perbedaan tersebut tidak akan terlalu terasa.

Sayangnya, Brazilian Rosewood mudah rusak di perjalanan. Dengan bahan yang semakin langka, rasanya tidak bijak memaksakan kembali tipe kayu tersebut.

Setidaknya, kita semua sudah bisa cukup bersyukur. Paling tidak, izin untuk kembali memakai Indian Rosewood sudah keluar.

Jadi, apabila kamu memang mau membeli gitar dengan Brazilian Rosewood dan harganya mahal, jangan heran ya!

Apalagi sekarang kamu butuh dokumen-dokumen khusus apabila mau membawa gitar dengan Brazilian Rosewood ke luar negeri.