Rilis American Ultra, Bentuk Keinginan Fender untuk Terus Berevolusi

by Tyo Harsono on Nov 10, 2019

Tidak terasa sudah 73 tahun sejak Fender kali pertama berdiri. Suka duka telah dilalui oleh raksasa industri gitar yang didirikan di Fullerton, Amerika Serikat tersebut.

Mulai dari inovasi di dunia musik seperti meluncurkan gitar elektrik pertama, Fender Esquire (baca di sini), yang berevolusi menjadi Telecaster. Lalu pembuatan gitar bass pertama di dunia.

Sampai akhirnya Fender sempat dituding malas melakukan evolusi produk. Tudingan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, toh mereka hampir selalu merilis produk yang sama.

Dari divisi gitar, Telecaster dan Stratocaster selalu menjadi andalan Fender, meski dengan berbagai varian. Sementara Precision dan Jazz bass adalah ujung tombak divisi bass.

Padahal sebenarnya tidak sesederhana itu. Fender sempat mengeluarkan produk lain seperti Jazzmaster, Jaguar, Mustang, Coronado, hingga Starcaster. Sayangnya, produk-produk itu kurang laris di pasaran.

Berbanding terbalik dengan produk-produk andalan Fender. Siapa sih, yang tidak bermimpi memiliki Telecaster atau Stratocaster? Pemain bass mana sih, yang tidak mau memiliki Precision atau Jazz bass?

Kondisi tersebut, ditambah tuntutan untuk berevolusi membuat Fender berpikir keras. Hasilnya, mereka pun merilis seri American Ultra, varian terbaru dari raksasa industri gitar tersebut.

Terdapat sedikitnya enam varian dari seri Fender American Ultra. Empat gitar serta dua bass. Dari empat gitar, dua di antaranya memiliki jenis yang sama.

Dua gitar yang dimaksud adalah Fender Stratocaster. Melalui seri American Ultra, Fender merilis dua varian Stratocaster, normal dan HSS (humbucker, single coil, single coil).

Sementara itu, dua varian gitar lain adalah Telecaster dan Jazzmaster. Keputusan Fender memasukan Jazzmaster ke seri American Ultra cukup mengejutkan.

Pasalnya, berbeda dengan Telecaster dan Stratocaster, Jazzmaster bukan produk andalan Fender. Namun, hadirnya sejumlah musisi seperti Arctic Monkeys dan Feng Suave meningkatkan popilaritas gitar tersebut.

Lain lagi dengan dua produk bass yang ditawarkan dari seri American Ultra. Fender hanya memberikan dua varian, Precision dan Jazz bass yang memang sudah terbukti ampuh.

Lantas, apa sih perbedaan American Ultra dengan seri Fender yang lain? Toh, produk yang dihadirkan praktis itu-itu saja dari segi gitar maupun bass.

Begini, dalam peluncurannya, Fender mengusung tagline "never play a Fender the same way again". Rupanya, kalimat tersebut memang bukan sekadar isapan jempol.

Berbeda dengan seri American Professional dan American Original, American Ultra merupakan perwujudan evolusi Fender. Apabila dua seri sebelumnya identik dengan spesifikasi klasik, tidak demikian dengan seri terbaru.

Fender American Ultra menggunakan pickup noiseless. Apa sih maksudnya? Begini, jadi dengan penggunaan pickup noiseless, gitar Fender seri tersebut tidak akan mengeluarkan dengungan (hum-free).

Selain itu, terdapat kontur di badan gitar dengan desain baru. Hal itu bisa memudahkan pengguna untuk mengakses fret paling ujung untuk memainkan nada-nada tinggi.

Ada pula tambahan dua fret pada setiap produk Fender American Ultra. Apabila normalnya gitar atau bass buatan Fender memiliki 20 fret, di American Ultra terdapat 22.

Jadi, setelah perilisan seri American Ultra, masih mau bilang Fender sebagai produsen yang tidak mau berevolusi? Selamat mencoba gitar terbaru Fender itu ya!

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.