Musisi dan Gitar: Fender Stratocaster, Senjata Andalan Eric Johnson

by Tyo Harsono on Nov 25, 2019

Pencinta musik mana yang sih, yang tidak mengenal sosok Eric Johnson? Mengusung genre rock, pria kelahiran 17 Agustus 1954 itu terkenal berkat lagu Cliffs of Dover-nya.

Sebagai seorang musisi, Eric Johnson adalah seorang multi instrumentalis. Asal kamu tahu saja, Johnson bisa bermain gitar akustik, elektrik, lap steel, resonator, dan bass sama baiknya.

Lahir di keluarga yang mencintai musik, Eric Johnson kecil sudah akrab dengan dunia tersebut. Ayahnya membuat Johnson kecil kursus piano bersama ketiga kakaknya.

Akan tetapi panggilan hati Eric Johnson berkata lain saat dia berusia 11 tahun. Kala itu, dia mulai belajar memainkan gitar sebelum bergabung dengan band empat tahun berselang.

Pada awal kariernya, Eric Johnson biasa menggunakan gitar seperti Robin, Jackson, dan Charvel. Kemudian, Johnson mulai memakai Gibson ES-335 dan Fender Stratocaster ketika namanya melambung.

Sempat mencoba Rickenbacker, Erick Johnson juga pernah menggunakan Gibson Les Paul. Edisi yang dia miliki adalah buatan Custom Shop reissue buatan 1959.

Meski demikian, kalau berbicara soal Eric Johnson, rasanya lebih afdol jika membahas Fender Stratocaster. Maklum, gitaris berusia 65 tahun tersebut identik dengan Stratocaster.

Eric Johnson sangat menyukai suara Fender Stratocaster. Maklum, kiblatnya dalam bermusik seperti Jimi Hendrix dan Stevie Ray Vaughan menggunakan gitar tersebut.

Uniknya, Eric Johnson selalu melakukan perubahan terhadap Fender Stracocaster yang dia miliki. Johnson pasti mengganti pickup bridge-nya dengan DiMarzio HS-2.

Maklum, DiMarzio HS-2 memiliki karakteristik yang unik. Pickup tersebut tidak menghasilkan suara hum sebagaimana pickup single coil lain pada umumnya.

Sejak 2005, Fender membuatkan gitar Stratocaster signature Eric Johnson. Gitar tersebut memiliki fretboard maple. Namun, empat tahun berselang muncul varian rosewood.

Terdapat dua varian gitar Fender Stratocaster Eric Johnson. Pertama yang berwarna putih, lalu ada juga dengan 2 tone sunburst. Keduanya sama-sama memiliki neck quartersawn maple.

Lalu sejak Maret 2018, Fender kembali mengeluarkan gitar Stratocaster Eric Johnson. Kali ini memiliki perbedaan dengan dua edisi sebelumnya, yaitu edisi thinline semi hollow body.

Fender Custom Shop pun tidak mau ketinggalan membuat gitar signature Eric Johnson. Perbedaannya, kini terdapat sejumlah varian warna, hitam, merah, putih, atau 2 tone sunburst.

Semua Fender Stratocaster Eric Johnson dilandasi oleh edisi 1957 gitar tersebut. Seluruh gitar tersebut dibangun sesuai spesifikasi keinginan Johnson.

Saat ini, ada banyak pilihan Fender Stratocaster Eric Johnson Signature. Buat kamu yang menjadikan Johnson sebagai kiblat bermusik, gitar ini bisa menjadi pilihan!

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.