Lahir di Bulan November? Selamat, Kamu Mirip 5 Gitaris Top Ini!

by Anindhito on Nov 7, 2019

Selamat bulan November! Bulan ini tentu ditunggu-tunggu nih sama kalian yang berzodiak Scorpio dan Sagitarius. Apalagi November itu bulan yang asyik karena cuacanya mulai adem, jadi enak gitu nongkrong di teras sambil ngopi dan main gitar he-he-he.

Omong-omong soal gitar dan November.. enggak kok, bukan mau bahas soal November Rain ehe-he-he.. Kali ini yang bakal dibahas itu profil singkat para gitaris yang lahir di bulan November. Cekidot!

Kirk Hammett


Lahir di El Sobrante, California pada 18 November 1962, Kirk Hammett menggilai Led Zeppelin, Black Sabbath, UFO, dan Jimi Hendrix sejak remaja. Namanya semakin melejit setelah memegang lead gitar di band heavy metal, Metallica tahun 1983. Namun, sebelum bergabung dengan Metallica, Kirk Hammett sempat membentuk band thrash metal asal California, Exodus.

Di 2003, Kirk Hammett menempati urutan ke-11 The 100 Greatest Guitarist of All Time versi majalah Rolling Stones. Padahal, saat ia remaja, Kirk Hammett sempat bekerja di Burger King hanya untuk membeli ampli Marshall. Kini, Kirk Hammett merupakan gitaris legendaries yang bahkan dibuatkan gitar signature di ESP dan Gibson.

Paul Gilbert


Bukan Mr. Big namanya kalau tanpa Paul Gilbert. Kurang lebih itu yang dirasakan oleh penggemar fanatik Mr. Big ketika ditinngal Paul Gilbert pada 1996. Permainan gitar Paul Gilbert memang tiada duanya. Pria kelahiran 6 November 1966 ini menempati urutan 4 Top 10 Greatest Guitar Shredders of All Time versi GuitarOne dan masuk jajaran gitaris di 50 Fastest Guitarists of All Time versi Guitar World.

Sebelum diajak membentuk band bersama Billy Sheehan, yang merupakan idola Paul Gilbert, ia merupakan anggota penggagas band Racer X. Kini, gitaris yang memiliki signature di Ibanez ini masih terus berkarya. Bahkan ia akan datang dan mengisi salah satu acara musik besar di Jakarta.

Craig Goldy


Tak dapat dipungkiri, California merupakan negara bagian Amerika Serikat yang banyak melahirkan musisi hebat seperti Craig Goldy. Lahir di San Diego, California, Craig Goldy mengawali kariernya bersama band Vengeance yang kemudian ditarik ke Rough Cutt, menggantikan Jake E. Lee.

Namun, namanya semakin melejit setelah produsernya saat menjadi gitaris Rough Cutt, Ronnie James Dio, mengajaknya bergabung di band Dio. Setelah  keluar dari Dio, ia terlibat di berbagai proyek seperti Craig Goldy’s Ritual, menjadi co-writer lagu Lady Luck milik David Lee Roth, bergabung di Dio Disciples, hingga membentuk Dream Child di 2018 silam. 

Rod Price


Slide King of Rock n Roll, gelar yang disematkan kepada Rod Price yang lahir di London, 22 November 1947. Mengawali kariernya sebagai musisi professional bersama band blues asal Inggris, Black Cat Bones, pria bernama lengkap Roderick Michael Price ini mengabadikan namanya bersama band Foghat.

Meninggal karena terjatuh dari tangga setelah mengalami serangan jantung pada 22 Maret 2005, Rod Price juga berkolaborasi dengan musisi blues top seperti John Lee Hooker, Muddy Waters, Eddie Kirkland, dan Willie Dixon.

Laurence Juber


Mulai belajar gitar di minggu single I Want to Hold Your Hand milik The Beatles rilis, pria kelahiran London 12 November 1952 bergabung di Paul McCartney and Wings di tahun 1978. Setelah Wings bubar di 1981, Laurence Juber hijrah ke Amerika Serikat

Setelah hijrah ke Amerika Serikat, Laurence Juber melanjutkan kariernya sebagai musisi studio dan bermain gitar di banyak acara televisi. Tak cukup sampai situ, Laurence Juber juga ikut mengisi soundtrack video game pemenang penghargaan, Diablo III.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.