Bukan Fender Telecaster, Ini Gitar Pertama Buatan Leo Fender yang Dipasarkan

by Tyo Harsono on Nov 6, 2019

Puluhan tahun telah berlalu, namun Fender Telecaster masih menjadi benchmark untuk satu di antara gitar terbaik. Terbukti, Telecaster merupakan gitar paling populer di jagat raya (baca di sini).

Kualitas yang tidak berkurang disertai banyaknya musisi top yang menggunakannya merupakan alasan Fender Telecaster tetap digemari. Tiruan Telecaster pun banyak dari berbagai merk.

Banyak artikel menulis Fender Telecaster sebagai gitar pertama yang dibuat oleh Leo Fender. Meski sebenarnya tidak sepenuhnya salah, tetapi tahu gak sih? Fakta itu tidak benar seutuhnya.

Kenapa? Sederhana saja, sebelum Fender Telecaster yang awalnya dinamai Broadcaster bukan gitar elektrik pertama buatan Leo Fender. Beberapa lama sebelumnya, Fender telah meluncurkan Esquier.

Loh, apa bedanya Fender Telecaster dengan Esquire? Terlihat sama saja, kecuali di jumlah pickup kan? Ya tanggapan seperti itu juga tidak 100 persen salah sih.

Meski begitu, Leo Fender meluncurkan Esquire terlebih dulu, tepatnya pada April 1950. Sementara itu, Broadcaster yang lahir beberapa bulan berselang merupakan seri lebih tinggi dari Esquire.

Cerita bermula dari empat tahun setelah Perang Dunia II berakhir. Dunia yang baru selesai dari perang berkepanjangan menyambut era baru yang dibuka dengan berbagai teknologi.

Di Fullerton, California, seorang teknisi bernama Leo Fender membuat prototipe gitar elektrik pertamanya. Saat itu, produsen gitar memang tengah berlomba-lomba membuat gebrakan di industri tersebut.

Bahan membuat body gitar, pickup, serta control masih eksperimen. Ketika itu Leo Fender memilih menggunakan kayu pinus, alih-alih ash yang identik dengan gitar buatan Fender.

Satu pickup dan tidak ada control switch menjadi ciri khas Fender Esquire. Selain itu, neck tidaklah dilem di body gitar seperti pada umumnya.

Penggunaan neck yang disambung dengan menggunakan baut di body gitar merupakan terobosan saat itu. Leo Fender beralasan, dia ingin menghemat ongkos produksi agar gitar buatannya tidak semahal Gibson atau Gretsch.

Dinamakan Fender Esquire, gitar tersebut dirilis pada April 1950. Hanya dua bulan sebelum Leo Fender merilis versi dua pickup yang saat itu dinamakan Fender Broadcaster.

Sempat berhenti selama beberapa bulan, Fender Esquire kembali hadir pada Januari 1951. Keputusan merilis kembali Esquire dibuat untuk musisi yang tidak memiliki uang untuk membeli Fender Telecaster.

Sayangnya kehadiran Fender Mustang pada 1964 membuat Fender Esquire kehilangan pasar. Sampai pada akhirnya Fender memutuskan menghentikan produksi Esquire pada 1969.

Baru pada 1986 Fender Esquire kembali muncul di pasaran. Tepatnya di bawah bendera Fender Jepang yang saat itu masih menggunakan nama Squier by Fender.

Esquire buatan Jepang ini yang nantinya akan dijual kembali ke Amerika Serikat. Terdapat dua pilihan warna saat itu, yaitu butterscotch blonde atau merah metalik.

Setelah itu pun, varian paling tinggi dari Fender, Fender Custom Shop beberapa kali merilis Esquire untuk seri khusus. Satu di antaranya adalah seri Time Machine.

Rasanya, menarik apabila Fender kembali mengeluarkan Esquire. Hal itu bisa menjadi pelengkap untuk Fender Telecaster yang menggunakan dua pickup serta Stratocaster dengan tiga pickup.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.