Baru Mau Pertama Kali Nge-Gig? Baca Panduan Ini!

by Tyo Harsono on Nov 18, 2019

Nge-gig untuk kali pertama bisa menjadi momen paling menegangkan dalam hidup seorang musisi. Apalagi, buat mereka yang biasanya hanya memainkan instrumen kesayangannya di kamar.

Harus tampil di belasan hingga puluhan pasang mata bisa memberikan tekanan tersendiri. Hasilnya, banyak yang memiliki pengalaman nge-gig pertama yang kurang menyenangkan.

Bahkan musisi profesional pun terkadang gugup saat akan nge-gig. Jangan takut jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips untuk kalian yang berniat untuk nge-gig pertama kali.

Satu hal yang kamu harus ketahui, tidak ada yang namanya terlalu bersiap. Kalau rekan satu band-mu bilang persiapan kamu sebelum nge-gig lebay, jangan dengarkan.

Jadi, kalau kamu merasa belum menguasai materi yang akan kamu mainkan, tidak salahnya untuk melakukan persiapan. Bukan tidak mungkin, rekan satu band-mu nantinya ada yang melakukan improvisasikan?

Selain itu, datang ke tempat nge-gig lebih awal dari yang diminta juga merupakan nilai plus. Mungkin ada yang bilang "rocker kan datang terlambat." Tidak semua perilaku idolamu harus ditiru, bukan?

Oiya, hal yang mungkin sepele namun cukup penting adalah, kamu harus tahu di mana kamu akan nge-gig dan bagaimana cara ke tempat itu. Mencari jalan menuju tempat itu juga bisa menunjukkan dedikasimu.

Kemudian, pastikan kamu membawa peralatan yang tepat untuk gig-mu itu. Tidak mungkin kan, kamu memainkan gitar elektrik modern untuk acara akustik jazz?

Secara tidak langsung, peralatan yang kamu bawa akan menunjukkan kepribadianmu. Tentu kamu tidak ingin kan, panitia acara menganggapmu tidak serius tentang gig tersebut?

Oiya, jangan bawa masalah pribadimu ke atas panggung ya. Misalnya, kamu baru saja mengalami masalah di tempat kerja atau kelas, jangan tunjukkan saat bermain.

Bahkan, meski tempat kamu nge-gig kosong, mainkan lagumu dengan sepenuh hati ya! Kalau kamu terbawa suasana seperti itu, yang ada namamu atau band-mu justru akan tercemar.

Ingat, gig itu seperti bekerja untuk musisi. Kamu tidak akan tahu apa yang bisa kamu dapatkan dari satu penampilan yang tidak sempurna untuk kariermu ke depan nanti.

Pastikan juga media sosial band-mu memberikan informasi terkini. Pada era digital ini, hal tersebut terdengar sederhana, tetapi sejatinya cukup penting untuk karier musikmu.

Berikan respons secepat mungkin apabila kamu menerima tawaran nge-gig. Jangan gantungkan orang yang sudah memberikan kamu kesempatan untuk mempromosikan diri.

Terakhir, kamu harus sabar untuk mendapatkan hasil maksimal dari nge-gig. Tidak ada musisi yang langsung ngetop pada gig pertama mereka. Apabila kamu belajar sesuatu dari gig pertamamu, itu sudah cukup bagus.

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang baru mau mulai nge-gig. Nantikan tips-tips lain dari kami ya!

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.