Apakah Memodifikasi Gitar Murah Sepadan dengan Hasilnya?

by Tyo Harsono on Nov 24, 2019

Bagi gitaris yang baru memulai karier di dunia musik, gitar-gitar murah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan gitar mereka. Sekarang, banyak versi murah dari gitar ternama.

Sebut saja merk-merk seperti Bacchus, Tokai, atau Cort yang memproduksi gitar dengan harga terjangkau. Atau versi murah dari gitar mahal semacam Squier (Fender) atau Epiphone (Gibson).

Pada umumnya, setelah membeli gitar murah, ketika memiliki uang lebih, para gitaris akan melakukan modifikasi. Pergantian pickup atau senar menjadi hal yang umum dilakukan.

Selain itu, komponen gitar lain juga bisa menjadi sasaran modifikasi. Sebut saja tuner, bridge, saddle, nut, knob, hingga komponen elektronik lainnya.

Pada dasarnya, gitar murah sudah memiliki komponen yang mumpuni. Jadi, kalau kamu merasa gitarmu tersebut sudah cukup bagus, ya tidak perlu melakukan modifikasi.

Selain itu, pada dasarnya kamu harus menyukai gitar tersebut terlebih dulu. Kalau tidak, sebanyak apa pun modifikasi yang kamu lakukan, tak akan berpengaruh.

Jadi begini, kalau gitarmu sudah cukup bagus hanya saja kurang sesuai dengan keinginan saat dimainkan, ada beberapa modifikasi yang bisa dilakukan. Sebut saja memasang bridge atau strap.

Mengganti knob bahkan bisa memberikan efek yang lumayan besar. Selain itu, bisa juga kamu memasang Bigsby. Kalau kamu tidak yakin dengan skill yang kamu miliki, ada baiknya kamu menggunakan jasa luthier.

Meski demikian, hal yang paling umum adalah memodifikasi pickup atau komponen elektronik lainnya. Sayangnya, justru di sinilah kamu justru memiliki peluang keluar uang cukup banyak.

Harga pickup sendiri cukup mahal, belum lagi ditambah dengan ongkos memasangnya. Sudah begitu, terkadang rupanya pickup itu tidak sesuai dengan seleramu. Duh!

Sayangnya lagi, terkadang keinginanmu mendapatkan gitar impian dengan harga murah lewat jalan modifikasi tidak selalu berakhir manis. Karena tentunya tetap ada perbedaan.

Apalagi biasanya modifikasi yang kamu lakukan tidak melulu meningkatkan harga jual. Malah ada kalanya justru menurunkan nilainya di mata calon pembeli lain.

Alhasil, ada baiknya kamu tetap menyimpan barang-barang asli dari gitarmu saat melakukan modifikasi. Bukan apa-apa, tidak menutup kemungkinan kamu harus menjualnya kembali sewaktu-waktu.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.