Ada-ada Saja, Fender Jepang Reproduksi Gitar Aneh Ini

by Tyo Harsono on Nov 20, 2019

Akhir dekade 1960an mungkin bukan masa yang disukai oleh para pencinta Fender. Maklum, penurunan kualitas barang buatan produsen gitar asal California itu sudah mulai terasa.

Berawal dari penjualan Fender oleh Leo Fender ke CBS, terdapat sejumlah kebijakan yang kurang disukai pencinta gitar buatan perusahaan itu. Setelah mengalami masa transisi, akhir 1960an menjadi puncak peralihan.

Sejumlah produk baru dikeluarkan oleh Fender saat itu. Contohnya Fender Musicmaster dan Fender Bass V, yang sayangnya kurang laku di pasaran pencinta musik.

Fender Musicmaster sendiri merupakan produk murah buatan Fender. Target pasarnya adalah gitaris pemula yang ingin membeli gitar buatan Fender tetapi merasa harganya terlalu mahal.

Sementara itu, Fender Bass V merupakan inovasi Fender untuk para bassist. Sudah adanya bass empat dan enam senar, mereka membuat varian baru bersenar lima.

Sayangnya kedua produk tersebut kurang laku di pasaran. Fender Musicmaster dan Fender Bass V tidak menerima sambutan baik sebagaimana produk Fender lainnya.

Akhirnya, banyak bahan tersisa dari pembuatan kedua produk tersebut. Tidak kehilangan akal, Fender membuat gitar baru dari bahan sisa kedua produk mereka.

Perkenalkan, Fender Swinger. Bentuknya yang sangat aneh mungkin akan membuat kamu mungkin tidak menyangka gitar tersebut merupakan produksi Fender.

Sayangnya, gitar ini memang betul-betul buatan Fender. Lucunya lagi, Fender hanya memproduksi beberapa ribu Swinger saja selama satu tahun, pada 1969.

Tidak lama berselang Fender Swinger hilang dari peredaran. Fender sendiri tidak pernah mempromosikan Swinger, seolah mereka malu dengan gitar tersebut.

Padahal, sejumlah musisi top diketahui menggunakan Fender Swinger. Sebut saja musisi asal Kanada, Ben Kweller, atau gitaris Talking Head, Tina Weymouth.

Memasuki ulang tahun ke-50 Fender Swinger, rupanya gitar unik ini kembali diproduksi. Bedanya, kini dengan Fender Jepang, bukan Amerika Serikat seperti pendahulunya.

"Gitar kolektor langka yang butuh keajaiban untuk diproduksi kembali. Dibuat di Jepang, Fender Swinger dan edisi terbatas Swinger sekarang dijual!" tulis akun media sosial Fender Jepang.

Tedapat dua versi Fender Swinger pada edisi terbatas ini. Pertama, versi yang sesuai dengan Swinger asli produksi Amerika Serikat, sementara satunya adalah edisi spesial.

Perbedaan hanya terletak pada pickup, edisi spesial memiliki dua pickup. Sedangkan pada versi original, Fender Swinger hanya dipersenjatai oleh neck pickup.

Fender Swinger dijual dengan harga 103,500 yen (sekitar Rp 13 juta). Tersedia pilihan warna Black, Burgundy Mist Metallic, Dakota Red, Olympic White, dan Sonic Blue.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.