5 Lagu yang Sering Dimainkan di Toko Gitar

by Tyo Harsono on Nov 27, 2019

Kamu pasti pernah kan ke toko gitar? Di sana sering kali ada kan, orang-orang yang sedang mencoba gitar yang ada di sana. Namun, pernah nggak, kamu sadar mereka memainkan lagu apa?

Terkadang, mencoba gitar bukan satu-satunya alasan mereka memainkan gitar tersebut di toko. Ada yang ingin mencoba amplifier atau pedal sebelum membelinya.

Kalau diperhatikan, pada umumnya ada sejumlah lagu yang sering dimainkan di toko gitar loh. Lagu-lagu tersebut kerap menjadi andalan mereka-mereka yang sedang mencoba sesuatu di toko tersebut.

Andai bekerja di toko gitar, atau sering datang ke sana. Terdapat sejumlah riff yang biasa dimainkan saat sedang mencoba barang-barang di sana kalau kamu perhatikan.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh situs Reverb, sejumlah toko gitar sepakat ada sejumlah lagu yang sering dimainkan oleh pengunjung. Kali ini, kami akan merangkum lima di antaranya.

Smoke on the Water (Deep Purple)


Buat kamu yang bermain video game Guitar Hero, pasti terkenang dengan lagu ini. Bukan tidak mungkin, lagu ini yang memotivasi kamu belajar bermain gitar.

Ketika datang ke toko gitar pun, rasanya lagu yang dirilis pada 1973 itu seperti wajib dibawakan. Kamu pun merasa seperti Ritchie Blackmore yang sedang memainkan Fender Stratocaster-nya.

Blackbird (The Beatles)


Rasanya tidak ada yang tidak suka The Beatles. Hasilnya, setiap mencoba gitar akustik di toko gitar, lagu Blackbird mereka sering kali menjadi pilihan.

Lagu tersebut memang cukup indah. Biasanya, orang-orang akan menunjukkan skill mereka di gitar akustik dengan membawakan lagu yang dinyanyikan oleh Paul McCartney itu.

Smells Like Teen Spirit (Nirvana)


Banyak orang yang menjadikan lagu andalan Nirvana ini sebagai bahan untuk belajar bermain gitar. Maklum, riff lagu ini bisa dibilang tidak terlalu sulit.

Hasilnya, banyak gitaris yang memainkan lagu ini ketika berada di toko gitar. Saat itu, kebanyakan dari mereka merasa seperti Kurt Cobain dengan Fender Jaguar-nya.

Stairway to Heaven (Led Zeppelin)


Di sejumlah toko gitar di Amerika Serikat, terdapat larangan memainkan Stairway to Heaven. Bagaimana tidak, hampir setiap seseorang mencoba Les Paul, pasti ada yang mencoba menjadi Jimmy Page.

Masalahnya, tidak semua orang bisa mengikuti permainan Jimmy Page pada lagu ini. Kemungkinan, mayoritas hanya bisa memainkan bagian awal lagu saja.

Sweet Child O' Mine (Guns n' Roses)


Terdapat mitos intro Sweet Child O' Mine merupakan kerjaan iseng Slash saat melakukan pemanasan. Hasilnya, setiap orang yang mencoba Les Paul dipastikan memainkan intro lagu ini.

Mereka menganggap lagu tersebut mudah untuk dimainkan karena kabar tersebut. Sayangnya, orang-orang harusnya sadar kalau mereka bukanlah Slash.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.