Yuk Belajar Musik Bersama Fender!!!

by Tyo Harsono on Oct 27, 2019

Dewasa ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar bermain gitar. Mulai dari kursus privat hingga menonton video di YouTube bisa menjadi cara untuk mempelajari instrumen tersebut.

Selain itu, terdapat sejumlah situs yang menunjukkan kunci gitar dari lagu-lagu populer. Ada pula beberapa aplikasi di ponsel yang memberikan tutorial bermain gitar.

Sayangnya, kursus secara online tidak selalu membuat Anda bisa memainkan lagu favorit Anda. Pasalnya, terkadang sumber tersebut tak selalu relevan.

Akan tetapi, tenang, kini Fender memberikan solusi untuk kalian yang baru mulai bermain gitar dan ingin mempelajarai lagu favorit kalian. Produsen gitar asal Amerika Serikat itu meluncurkan aplikasi baru.

Disebut dengan Fender Songs, aplikasi tersebut dirilis pada Oktober 2019. Lantas, apa sih sebenarnya fungsi dan kegunaan dari aplikasi tersebut?

Fender bekerja sama dengan Apple Music untuk meluncurkan lirik dan chords gitar, piano, serta ukulele bagi sekitar 750.000 lagu dan jumlah itu masih bisa bertambah.

Pengguna Fender Songs bisa memainkan lagu kesayangan mereka dengan sambil diiringi lagu aslinya lewat aplikasi tersebut. Selain itu, terdapat chords lagu-lagu tersebut.

Fender Songs merupakan inisiatif terbaru Fender untuk membantu gitaris pemula. Sebelumnya, mereka memiliki aplikasi untuk gitaris baru belajar bernama Fender Play.

Menurut CEO Fender, Andy Mooney, aplikasi ini memang kelanjutan dari Fender Play. Mooney menyebut Fender Play sebagai aplikasi yang diperuntukan untuk gitaris yang baru mulai belajar.

"Ini merupakan bagian dari kontribusi kami untuk membantu perkembangan pemain gitar pemula. Fender Play merupakan untuk mereka yang baru memulai bermain gitar," ujar Andy Mooney.

"Sementara itu, Fender Songs berguna untuk orang-orang yang ingin lebih mendalami bermain gitar. Kami ingin memberikan akses ke chords untuk lagu-lagu yang mereka dengar dan ingin mainkan," lanjutnya.

Tentunya aplikasi Fender Play akan memberikan keuntungan juga untuk para musisi. Terdapat prediksi jumlah pendengar bakal meningkat drastis yang menguntungkan label dan musisi.

Selain itu, pada masa depan Fender bakal mempromosikan album baru musisi lewat Fender Songs. Dengan demikian, sinergi antara Fender, musisi, dan penggemarnya akan berjalan.

Saat ini, Fender Songs baru memiliki akses untuk lagu-lagu yang ada di katalog Apple Music, Fender dalam waktu dekat akan bekerja sama dengan platform lain. Terdekat kemungkinan adalah Spotify.

Memang masih ada kendala soal lisensi karena di Amerika Serikat saja Fender butuh dua tahun untuk mendapatkan izin. Hal itu menjadi alasan Fender Songs baru ada di negara tersebut.

Pada aplikasi Fender Songs, akan terdapat tiga mode. Pertama adalah Practice Mode, kemudian terdapat Play-Along Mode, dan terakhir ada Perform Mode.

Saat ini, Fender Songs baru ada di Amerika Serikat. Namun, mereka menargetkan aplikasi tersebut dirilis di Inggris dan seluruh dunia pada awal 2020.

Untuk menggunakan aplikasi Fender Songs, pengguna wajib membayar 4.99 US$ atau 41.99 US$.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.