Tahu Nggak Sih? Ini Loh Gitar-gitar Paling Ikonik Sejagat Raya

by Tyo Harsono on Oct 31, 2019

Sudah berabad-abad berlalu sejak kali pertama gitar diciptakan. Peninggalan sejarah pertama soal gitar ditemukan jejaknya sejak abad ke-12.

Meski begitu, terdapat lukisan batu berumur 3300 tahun yang menunjukkan instrumen musik seperti gitar. Lukisan batu tersebut ditemukan di Babilonia.

Hingga awal abad ke-20, praktis tidak banyak perkembangan soal gitar. Sampai akhirnya gitar-gitar elektrik mulai bermunculan pada dekade 1930an.

Kala itu kebanyakan gitar listrik berbentuk seperti gitar akustik yang diberi pickup. Baru pada akhir 1940an Leo Fender menggebrak industri gitar dengan Fender Telecaster-nya.

Sekal saat itu gitar elektrik dengan berbagai jenis yang memiliki desain dan konfigurasi berbeda mulai bermunculan. Hasilnya, para gitaris pun memiliki favoritisme terhadap sejumlah jenis gitar.

Beberapa di antaranya menggapai kesan ikonik yang digandrungi jutaan gitaris. Pada umumnya, gitar-gitar tersebut bisa dilihat sebagai senjata andalan mereka.

Kali ini, kami akan merangkum sejumlah gitar ikonik yang lazim digunakan oleh gitaris top. Bahkan, gitar-gitar ini sampai memiliki penggemar tersendiri. Berikut ini adalah daftarnya:

Fender Telecaster



Pada akhir dekade 1940an, Leo Fender memperkenalkan dua gitar. Pertama adalah Esquire yang memiliki satu pickup dan disusul Broadkaster dengan dua pickup.

Karena satu dan lain hal, Fender harus mengubah nama Broadkaster menjadi Telecaster. Kedua kreasi Leo Fender itu pun menjadi gitar elektrik pertama yang berhasil dirilis secara masal di dunia.

Tampilan Fender Telecaster sangatlah sederhana, tetapi mewujudkan kesan yang elegan. Dengan suara khas-nya yang twangy, Telecaster menjadi pilihan selama tujuh dekade.

Hebatnya, meski diciptakan sudah cukup lama, Fender Telecaster tetap memiliki penggemar. Gitaris top seperti Keith Richards, Prince, Brad Paisley, dan Bruce Springsteen identik dengan Telecaster.

Selain itu, Fender Telecaster juga cocok digunakan untuk berbagai jenis musik. Mulai dari rock, country, funk, blues, hingga R&B bisa dilahap oleh gitar ini.

Gibson Les Paul



Berawal dari keresahan gitaris jazz, Les Paul, sebuah mahakarya tercipta. Berkolaborasi dengan Gibson, Les Paul sukses menelurkan gitar Gibson Les Paul pada 1952.

Pada awalnya, Gibson menolak desain Les Paul yang diajukan pada 1946. Namun popularitas Fender Telecaster membuat mereka akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan Les Paul.

Pada awal kemunculannya, Gibson Les Paul menggunakan pickup P-90. Namun, sejak 1957 Gibson melakukan perubahan dengan menggunakan pickup berjenis humbucker.

Sejumlah varian Gibson Les Paul pernah beredar di pasaran. Mulai dari sunburst yang legendaris, goldtop, hingga black beauty pernah dikeluarkan oleh Gibson.

Banyak musisi top yang mennggunakan Gibson Les Paul sebagai gitar andalannya. Sebut saja Jimmy Page, Gary Moore, Slash, Billie Joe Armstrong, hingga Bob Marley.

Fender Stratocaster


Leo Fender merasa tersaingi dengan kehadiran Gibson Les Paul. Inventor industri gitar tersebut pun meluncurkan Fender Stratocaster dua tahun berselang, tepatnya pada 1954.

Fender Stratocaster merupakan bentuk evolusi dari Fender Telecaster. Hal itu karena Stratocaster memiliki tiga pickup dan double cutaway yang mengadopsi dari Fender Precision Bass.

Sejumlah inovasi diciptakan oleh Leo Fender saat menciptakan Fender Stratocaster. Ini merupakan gitar pertama yang menggunakan tiga pickup dan memiliki sistem vibrato (atau tremolo).

Pada awalnya, Fender Stratocaster dibuat untuk gitaris swing, Bill Carson. Namun, gitar ini justru populer karena Buddy Holly dan Hank Marvin yang memuncaki tangga lagu.

Digunakan oleh gitaris sekelas Jimi Hendrix, Eric Clapton, dan Stevie Ray Vaughan, bukti kalau Fender Stratocaster bisa digunakan untuk berbagai jenis musik. Mulai dari rock, pop, blues, hingga country.

Gibson ES-335



Memang Gibson sudah merilis kategori ES (Electric Spanish) sejak dekade 1930an. Namun, mereka membuat gebrakan dengan mengeluarkan Gibson ES-335 pada 1958.

Seri ES Gibson sebelumnya kebanyakan adalah gitar hollowbody. Sementara itu, Gibson ES-335 memiliki tipe semi hollowbody (untuk lebih jelas mengenai perbedaannya, cek tulisan ini).

Gibson ES-335 merupakan babak baru dalam dunia gitar. Setelah gitar akustik elektrik, hollowbody, dan solid body, ES-335 memperkenalkan varian baru, semi hollowbody, yang memiliki karakter dua gitar lain.

Seperti gitar hollowbody yang lahir sebelumnya, Gibson ES-335 identik dengan musisi blues dan jazz. Namun, tidak menutup kemungkinan juga genre lain cocok dengan gitar ini.

Gibson Lucille milik BB King merupakan evolusi dari Gibson ES-335, yaitu Gibson ES-355. Demikian pula Gibson Trini Lopez yang identik dengan Dave Grohl adalah satu di antara varian ES-335.

Gibson SG



Boleh percaya atau tidak, pada 1961 Gibson mengubah desain Gibson Les Paul. Paling mencolok adalah perubahan dari single cutaway menjadi double cutaway.

Perubahan yang dilakukan selain itu adalah bentuk tubuh gitar yang lebih tipis dan ringan. Sayangnya Les Paul tidak menyukai perubahan yang dilakukan oleh Gibson tersebut.

Saat itu, Les Paul protes kepada Gibson karena lebih menyukai desain lama. Akhirnya, pada 1963, Gibson mengubah nama gitar baru mereka menjadi Gibson SG (Solid Guitar).

Meski memiliki dua humbucker seperti Gibson Les Paul, Gibson SG terkenal punya suara yang lebih agresif. Hasilnya, SG pun identik dengan musik keras seperti rock n'roll.

Terbukti, gitaris yang identik dengan Gibson SG kebanyakan memainkan aliran musik tersebut. Sebut saja Angus Young, Tony Iommi, hingga Pete Townshend.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.