Film Hollywood dan 5 Gitar yang Ada di Dalamnya

by Anindhito on Oct 13, 2019

Musik merupakan aspek penting dalam film dan tanpa adanya musik, film yang kita tonton akan terasa datar dan biasa saja. Musik memberikan kedalaman dan intensitas dalam film.

Ketika suara dapan disertakan dalam rekaman film, film terasa ajaib dan menakjubkan. Selain sebagai komponen utama, musik acapkali digunakan sebagai plot pada film.

Banyak film yang bertemakan musik seperti Blues Brothers (1980) dan Pitch Perfect (2012). Namun, banyak pula film yang menyertakan musik sebagai bagian kecil pada plot, biasanya sebagai penguat karakter tokoh di film tersebut.

Nah, kali ini kami akan membahas gitar-gitar akustik yang muncul pada film yang mungkin dapat menginspirasi kalian untuk belajar bermain gitar:

1. Gibson SJ-200, August Rush (2007)

Merupakan warisan dari “Rajanya Gitar Flat-top”, SJ-200 pertama kali rilis di tahun 1937 dan memberikan standard yang tinggi untuk gitar akustik. Menggunakan system pickup LR Baggs, SJ-200 merupakan salah satu gitar akustik terbaik dan terpopuler di dunia.

Di film August Rush yang rilis tahun 2007 silam, Gibson SJ-200 digunakan oleh Evan Taylor yang diperankan oleh aktor Freddie Highmore. Film ini bercerita tentang Evan yang ditelantarkan oleh kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai musisi (ayah bermain gitar, ibu bermain cello).

Kedua orang tua Evan sama-sama bercita-cita untuk menjadi musisi Juilliard. Evan yang putus asa, mengambil SJ-200 dan mulai belajar bermain gitar. Ternyata Evan seorang yang natural! Ia menjadi bocah pemain gitar handal yang terkenal, hingga akhirnya ia dapat bereuni dengan kedua orang tuanya.

2. Epiphone Hummingbird, Yes Man (2008)

Epiphone Hummingbird merupakan gitar ikonik musik rock setelah digunakan Keith Richards di album-album Rolling Stones di awal 70-an seperti Exile on Main Street dan Sticky Fingers. Pada era kini, Sheryl Crow dan Kid Rock menggunakan Epiphone Hummingbird untuk permainan cepat dengan nada yang indah

Epiphone Hummingbird muncul sekilas pada film Jim Carrey, Yes Man di tahun 2008. Kemunculannya yang singkat bukan berarti peran gitar ini tidak penting. Epiphone Hummingbird digunakan Carl Allen, karakter yang dimainkan Jim Carrey, untuk mencegah orang yang akan bunuh diri.

Setelah mengatakan “Yes” kepada hampir segala hal, Carl mempelajari gitar setelah mengatakan “Yes” saat ada yang menawarkannya untuk mengikuti les gitar. Berkat itu, ketika karakter yang diperankan Luiz Guzman ingin lompat dari gedung, Carl Allen dapat membujuknya turun dengan menyanyikan lagu Jumper-nya Third Eye Blind.

3. Martin 000-18, Begin Again (2013)

Terinspirasi dari desain gitar pra perang, Martin D-18, Martin 000-18 memiliki fitur-fitur yang dimiliki pendahulunya. Bagian atas gitar yang terbuat dari sitka spruce, dikombinasikan dengan punggung mahoni, dan neck yang pendek, Martin 000-18 merupakan gitar yang indah.

Muncul di film Begin Again (2013) sebagai gitar milik Gretta James (diperankan Keira Knightley), beraspirasi menjadi musisi. Setelah pergi ke New York bersama kekasihnya yang juga musisi dan penulis lagu, Gretta malah diputuskan setelah karier Dave Kohl (diperankan Adam Levine) semakin menanjak.

Tak patah arang, Gretta terus berusaha mewujudkan mimpinya menjadi musisi dan bertemu dengan produser Dan Mulligan (diperankan Mark Ruffalo) yang sedang berada di titik nadir dalam hidupnya. Berkat bantuan Dan serta Martin 000-18, karier Gretta sebagai musisipun mulai menanjak.

4. Epiphone DR-100, Rudderless (2014)

DR-100 adalah gitar akustik terlaris Epiphone. Gitar ini memiliki tampilan, suara, dan kualitas prima yang dicari oleh musisi pemula dan professional. Sangat cocok untuk musik-musik bluegrass, folk, rock, dan country, DR-100 merupakan gitar yang well-balanced dengan suara
yang indah.

Di film Rudderless (2014), Sam Manning, yang diperankan oleh Billy Crudup, merupakan pemilik biro iklan yang baru saja mendapatkan proyek besar. Dan karena kesibukannya di biro iklan miliknya, ia tidak memiliki waktu untuk anaknya, Josh Manning (diperankan oleh Miles Heizer), yang ternyata memiliki depresi.

Depresi yang berkelanjutan membuat Josh, yang memiliki hobi membuat lagu, membunuh teman-teman sekolahnya dan kemudian membunuh dirinya sendiri. Ditelan kesedihan atas kematian anaknya, Sam yang menemukan rekaman lagu milik Josh, mengambil DR-100 dan bertekad untuk mewujudkan cita-cita mendiang anaknya untuk menjadi musisi.

5. Yamaha L-Series, Vacation (2015)

Yamaha L-Series menawarkan kombinasi sempurna antara tradisional dan modern. Dengan sistem pickup Zero Impact yang baru dari Yamaha, serta teknologi A.R.E (Accoustic Resonance Enhancement), Yamaha L-Series memiliki nada hangat dan seimbang yang cocok untuk pertunjukan solo atau mix.

Yamaha L-Series muncul di film Vacation (2015) sebagai gitar milik James Griswold (diperankan oleh Skyler Gisondo) yang merupakan anak sulung Rusty Griswold (diperankan Ed Helms). Adegan kemunculan Yamaha L-Series di film ini sangat menyayat hati, karena gitar ini muncul
dengan tulisan “I have a vagina”.

Tak cukup dengan tulisan tersebut, Rusty yang ingin membela James dari rundungan adiknya, Kevin (diperankan oleh Steele Stebbins) malah menuliskan “I have a dick” pada badan gitar L-Series tersebut. Kemalangan gitar ini tidak berakhir disitu, gitar malang ini berakhir ditangan pencuri setelah keluarga Griswold ditipu warga lokal ketika sedang berwisata.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.