Baru Mulai Main Gitar? Gimana Sih, Cara Memilih Ukuran Senar yang Tepat?

by Tyo Harsono on Oct 21, 2019

Patut diketahui, pilihan senar bisa memengaruhi suara gitar yang kamu inginkan. Masa iya? Kalau tidak percaya, coba saja ganti senar di gitarmu dengan ukuran berbeda deh.

Dalam mencari suara gitar, ada sejumlah faktor yang memengaruhi. Termasuk di antaranya, kayu, jenis pickup, konstruksi (solid, hollow, atau semi hollow), serta ukuran senar.

Ya memang semua itu masih bisa diwarnai dengan pedal atau pilihan amplifier. Namun, ternyata ukuran senar yang terlihat sederhana dan sering diremehkan juga berpengaruh.

Banyak gitaris pemula yang tidak terlalu peduli dengan ukuran senar. Hasilnya, ketika mereka membeli gitar, efek, dan amplifier yang sama dengan idolanya, hasilnya belum sempurna.

Ya, memang memerhatikan ukuran senar tidak seasyik melihat gitar yang digunakan gitaris idola. Atau, menyaksikan deretan pedal yang mereka gunakan.

Analoginya seperti ini, membeli senar kerap diremehkan seperti orang-orang yang berbelanja. Maksudnya? Ya gitaris lebih sering memerhatikan gitar atau efek seperti ibu-ibu memilih daging atau sayuran.

Akan tetapi, mereka lupa membeli bumbu yang sesuai. Ya, sama saja seperti gitaris yang kadang melupakan ukuran senar yang akan digunakan untuk gitar mereka.

Banyak gitaris yang mulai bereksperimen dengan senar setelah lama bermain gitar. Namun, jarang gitaris pemula yang mau memerhatikan detaol seperti itu.

Nah, di sini kami akan memberikan tips memilih senar untuk kalian. Patut diingat, ukuran yang kami gunakan adalah ukuran senar tertinggi, atau senar e paling rendah.

Pertama adalah ukuran sembilan. Banyak yang menganggap remeh ukuran tersebut karena dianggap terlalu ringan. Tidak sedikit yang merasa senar seperti itu kurang jantan.

Padahal, ukuran sembilan biasa digunakan untuk mendapatkan suara-suara rock klasik. Apabila kamu menginginkan suara yang tepat untuk bermain musik surf, ukuran ini yang paling tepat.

Apabila kamu membeli gitar baru, ada kemungkinan cukup besar gitarmu itu menggunakan senar ukuran 10. Ya sebenarnya ada alasan kenapa ukuran ini paling umum digunakan.

Senar dengan ukuran paling tinggi 10 memiliki fleksibilitas yang tidak dimiliki ukuran lain. Hampir semua produk besar seperti Gibson dan Fender menggunakan ukuran ini.

Senar berukuran 10 ini juga bagus untuk kamu yang menggunakan tremolo. Pun demikian dengan kamu yang ingin menggunakan drop D atau Open G untuk gitarmu.

Akan tetapi, buat kamu yang suka memainkan down tuning, sebaiknya nggak menggunakan senar ukuran ini ya. Karakter senar ukuran 10 tidak terlalu cocok untuk kalian.

Kalau kamu memainkan gitar dengan neck yang terbuat dari aluminium, senar ukuran 11 bisa menjadi pilihan. Demikian juga kalau kamu suka dengan down tuning.

Senar ukuran 11 cocok untuk kamu yang mengandalkan bending dan biasa bermain cukup keras. Senar ini memiliki ketahanan yang cukup lama di dalam pemakaian.

Suara yang dihasilkan oleh senar berukuran 11 cenderung lebih berat. Selain itu, terdapat sustain yang cukup lama dengan penggunaan senar ukuran tersebut.

Biasanya senar ukuran 12 digunakan untuk gitar akustik. Biasanya, gitar elektrik jarang menggunakan senar berukuran sebesar itu, kecuali yang menggunakan D tuning.

Keuntungan menggunakan senar berukuran 12 adalah kamu bakal mendapatkan suara yang cukup jernih. Selain itu, senar berukuran 12 juga cocok untuk gitar-gitar hollow body.

Jadi, sudahkah kamu menentukan pilihan senarmu? Oiya, tulisan di atas tidak bersifat mutlak, lagi-lagi semuanya balik lagi ke selera kalian masing-masing.

Mau tahu lebih banyak soal musik? Klik link ini.