Tone Musik Rock dan Gitar Apa yang Paling Tepat?

by Lintang on Aug 10, 2019

Ada yang bilang kalau musik rock telah mati karena “dikalahkan” oleh perkembangan zaman dan dengan datangnya musik EDM (Electronic Dance Music). Dan bahkan pernah ada sebuah artikel yang menyatakan bahwa generasi Z sudah nggak tertarik lagi untuk mendengarkan musik rock yang harus menggunakan alat-alat musik konvensional seperti gitar, drum, bass, dan semacamnya. Tapi apabila melihat skena musik di Indonesia, sepertinya musik rock belum mati. Mereka bukan hilang, akan tetapi menyebar dengan caranya tersendiri. Jenis musik ini pun kini sudah berevolusi sedemikian rupa.

Kalau nggak percaya, kalian bisa kunjungi festival musik yang ada di beberapa kota besar, khususnya Jakarta seperti Synchronize Fest, Soundrenaline, atau We the Fest. Band-band rock dan heavy metal besar seperti Seringai, NTRL (Netral) atau bahkan Godbless suaranya masih mengudara. Band-band baru juga muncul dan mendapatkan penggemar yang cukup fanatic. Sebut saja Barasuara, Scaller, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, apa sih yang mendefinisikan musik rock itu sendiri? Pendefinisian musik rock banyak ragamnya. Mulai dari musik yang harus menggunakan distorsi ataupun musik yang punya energi tersendiri. Tapi ada beberapa inti dari musik rock itu sendiri, yakni energi yang dikeluarkan. Bagi para gitaris rock, tentu distorsi adalah hal yang penting. Ada banyak jenis distorsi yang digunakan dalam musik rock. Mulai dari overdrive hingga high gain tone untuk musik-musik metal modern yang mendentum setiap hentakannya.

Untuk mendapatkan tone musik rock yang baik, untuk seorang gitaris tentu harus memiliki gear yang baik. Mulai dari gitar hingga stompbox atau efek harus diperhatikan. Selain itu, para gitaris rock harus memperhatikan settingan ampli mereka, apalagi untuk keperluan panggung dan recording. Dengan memperhatikan settingan sound, para gitaris akan mendapatkan sound yang mumpuni.


Karakter Tone Musik Rock

Pemilihan gitar juga bisa menjadi aspek penting dalam menciptakan tone yang bagus. Pengkombinasian gitar dengan stompbox merupakan hal yang tricky. Coba saja kalau kalian nggak memperhatikan posisi stompbox, sound yang keluar nggak akan bagus. Begitu juga dengan pemilihan gitar. Bagi kalian yang suka dengan musik metal modern high gain, kalian harus memiliki gitar yang dengan pickup humbucker. Mengapa pickup begitu penting? Output yang dikeluarkan pickup humbucker berbeda dengan pickup single coil. Ketika pickup single coil menciptakan tone yang lebih ringan dan renyah, pickup humbucker mampu menghasilkan suara yang tebal.

Gitar-gitar dengan pickup humbucker nggak hanya digunakan oleh gitaris rock atau heavy metal. Banyak gitaris jazz yang juga menggunakan gitar dengan pickup humbucker. Namun, banyak juga gitaris rock yang menggunakan gitar dengan single coil seperti Fender Stratocaster atau Fender Telecaster. Biasanya gitaris-gitaris rock tersebut hanya mengincar tone overdrive atau distorsi yang renyah. Coba tengok salah satu dedengkot musik punk rock, Joe Strummer. Beliau menggunakan Fender Telecaster untuk senjatanya. Bruce Springsteen juga salah satu gitaris yang setia dengan menggunakan Telecaster.


Gitar yang Biasa Digunakan Untuk Musik Rock

Gitar lain yang sering digunakan oleh para rocker adalah Gibson Les Paul. Gitar ini memiliki body single cutaway yang ikonik dan juga seksi. Les Paul pun memiliki beberapa seri, di antaranya adalah Gibson Les Paul Standard, Gibson Les Paul Classic, Gibson Les Paul Custom, Gibson Les Paul Studio dan juga Gibson Les Paul Junior. Nggak hanya, Stratocaster dan Telecaster yang digunakan oleh para gitaris rock, Gibson Les Paul juga menjadi para gitaris-gitaris rock dan heavy metal kenamaan. Selain itu, rentang tone dan sound yang dimiliki Les Paul juga cukup lebar. Bahkan beberapa gitaris blues juga menggunakan Les Paul. Ada beberapa musisi terkenal yang identik dengan Les Paul, contohnya adalah Jimmy Page, Slash, Joe Perry, Zakk Wylde, Ace Frehley, dan masih banyak lagi.

Nggak hanya Les Paul, seri Gibson lain, SG juga merupakan gitar terpenting dalam sejarah musik rock. Gitaris kenamaan seperti Angus Young, Tony Iommi, dan masih banyak lagi. SG memiliki tone yang solid yang cocok banget untuk musik rock bahkan heavy metal. Pada dasarnya pemilihan gitar itu tergantung dari pilihan jenis musik atau kebutuhan musik kalian. Kalian tinggal tentukan karakter sound apa yang kalian inginkan.