Tipe Pick Gitar Berdasarkan Bahan dan Tingkat Ketebalan

by Lintang on Aug 24, 2019

Ukurannya memang kecil, tapi benda bernama pick gitar penting banget untuk menunjang permainan gitar para gitaris. Terlebih lagi untuk gitaris yang membutuhkan permainan cepat ala shredder ataupun blues. Bila ditelisik lagi pick gitar sendiri memiliki karakternya masing-masing. Permainan dan selera gitaris sangat berpengaruh dalam pemilihan pick gitar.

Kalian tidak bisa menyamakan pick yang orang lain gunakan dengan yang kalian gunakan karena nggak selalu sama. Ada beberapa orang yang suka menggunakan pick baja, sedangkan yang lain pun tidak. Begitu juga ada yang suka pick dengan ukuran kecil, dan yang lainnya lebih suka ukuran yang lebih besar. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tipe-tipe pick gitar berdasarkan bahan dan tingkat ketebalan.

Bentuk-bentuk Pick Gitar

Di pasaran, terdapat beberapa bentuk pick gitar. Masing-masing bentuk memiliki kesan yang berbeda ketika dipegang. Ada enam jenis bentuk pick gitar di antaranya adalah bentuk teardrop, segitiga, jazz, home base, circular, dan juga thumb pick. Pada bab ini, kami akan menjelaskan pick gitar berdasarkan bentuk.

1. Teardrop

Tipe ini bisa dibilang tipe yang cukup sering digunakan oleh para gitaris karena bentuk yang mirip dengan tetesan air mata dimana ujungnya yang lancip membuat pick jenis ini hanya berkontak pada satu ujung saja. Pick jenis ini dibilang cukup fleksibel untuk segala jenis permainan.

2. Jazz

Secara bentuk, pick ini mirip dengan teardrop, namun pick ini memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil. Sesuai dengan namanya, pick ini memang dibuat untuk gitaris jazz yang sering menggunakan teknik permainan arpeggio. Tone yang dihasilkan pun lebih halus dibandingkan dengan pick yang lebih lebar.

3. Segitiga

Bentuk pick ini bisa dibilang paling lebar jika dibandingkan dengan jenis pick lainnya. Karena bentuknya segitiga yang masing-masing sisi memiliki sudut, ketiga sisi tersebut bisa digunakan. Maka dari itu, apabila sisi yang satu sudah tumpul, sisi lainnya bisa dipakai. Pick jenis ini juga sering digunakan oleh bassist karena bentuknya yang lebar.

4. Home Base

Bentuk pick gitar ini memiliki kemiripan dengan home base Baseball. Pick ini mampu memberikan tone yang lebih jelas dan nyaring. Akan tetapi peminat pick jenis ini semakin berkurang, dan di pasaran kini sudah jarang dijual.

5. Circular Pick

Pick ini juga jarang ditemukan di pasaran karena penggunanya juga nggak banyak. Suara yang dihasilkan juga lebih halus karena pick ini nggak memiliki sudut. Pick ini dirilis oleh salah satu brand gitar ternama, Ibanez. Biasanya jenis pick ini digunakan untuk gitar akustik ataupun ukulele.

6. Thumb Pick

Cara menggunakan pick ini mirip dengan memasukkan cincin ke jari, namun pick ini dimasukkan ke jempol atau ibu jari. Biasanya, gitaris yang menggunakan pick ini adalah yang sering menggunakan teknik finger picking. Jenis gitar akustik juga yang paling umum yang digunakan ketika menggunakan pick ini. Namun, pemain elektrik juga tetap boleh menggunakan jenis pick ini.

Tipe Pick Gitar Berdasarkan Bahan

Bahan-bahan pick gitar juga beragam, mulai dari bahan nylon, seluloid, hingga baja. Bahan dari pick ini juga berpengaruh pada suara yang dikeluarkan. Kenyamanan dari masing-masing bahan juga secara relatif tergantung pada sang gitarisnya.

1. Tortex

Bahan pick gitar ini dikembangkan oleh produsen bernama Jim Dunlop. Bagi kalian yang tangannya sering berkeringat, cocok banget menggunakan pick ini karena permukaannya nggak terlalu licin. Pick dengan material tortex juga nggak mudah terkikis karena memiliki daya tahan yang baik.

2. Delrin

Selain bahan tortex, Jim Dunlop juga mengembangkan pick yang menggunakan material bernama delrin. Namun, sayangnya pick jenis ini kurang cocok untuk kalian yang tangannya sering berkeringat karena permukaannya yang licin.

3. Seluloid

Salah satu bahan yang cukup umum yang bisa kalian temukan di pasaran. Seluloid sendiri merupakan bahan resin sintetis atau plastik. Permukaan pick seluloid cukup licin, dan pick gitar ini tergolong cukup mudah terkikis.

4. Nylon

Material ini memiliki tekstur yang lembut namun permukaannya nggak terlalu licin sehingga bahan ini tergolong nyaman. Namun, karena bahannyaterbuat dari nylon, suara yang dihasilkan ketika menggunakan pick ini nggak terlalu tegas. Pick ini cukup populer digunakan oleh gitaris jazz atau pun gitaris yang menggunakan gitar akustik.

5. Polycarbonate

Material ini yang sering digunakan pada case CD. Biasanya pick ini memiliki ketebalan yang cukup tebal, maka kalian bisa mendapatkan suara yang tegas ketika menggunakan pick ini. Apabila kamu gitaris dengan melakukan petikan agresif pick ini cocok untuk kalian.

6. Ultem

Jenis pick gitar ini memiliki karakter yang mirip dengan kuku manusia sehingga pick ini bisa dibilang memiliki daya tahan yang baik. Apabila kalian sering bermain gitar dengan menggunakan kuku, ultem cukup cocok untuk kalian.

7. Tortoise Shell

Pick gitar ini bisa dibilang pick gitar yang harganya cukup mahal karena bahannya yang terbuat dari cangkang kura-kura. Suara yang dihasilkan pun cukup tegas sehingga bagi kalian gitaris yang sering melakukan petikan agresif cukup cocok menggunakan pick jenis ini.

8. Stainless Steel atau Logam

Jenis pick berdasarkan material yang terakhir adalah pick stainless steel. Nggak semua orang cocok dengan pick jenis ini karena nggak semua orang suka mendengar gesekan baja dengan baja.