Musik Blues: Musik yang Identik dengan Gitaris Hebat Dunia

by Lintang on Aug 23, 2019

Bila menyebutkan salah satu jenis musik yang berpengaruh terhadap musik modern dunia, Blues adalah jawabannya. Blues sendiri merupakan genre musik asli subregion daerah selatan Amerika serikat yang sering disebut juga sebagai daerah Deep South yang selama periode perang sipil yang melegalkan perbudakan. Daerah ini dikenal sebagai negara bagian Amerika Serikat yang memproduksi kapas. Beberapa daerah Deep South di antaranya adalah Georgia, Alabama, South Carolina, Texas, Florida, Mississipi, dan juga Lousiana.

Nama blues sendiri identik dengan kesedihan, begitu pula dengan musik blues.  Musik ini memiliki akar dari sejarah orang Amerika Serikat keturunan Afrika yang mana pada masa itu merupakan budak ataupun mantan budak. Musik ini secara umum berkembang dari hal-hal spiritual orang-orang Afrika, nyanyian orang Afrika,lagu-lagu kerja untuk para budak, musik ritmik, musik folk ballad, dan juga musik country dance.

Sejarah Musik Blues

Blues sendiri berkembang di daerah Mississipi Delta dekat hulu dari New Orleans yang mana daerah dimana Jazz lahir. Bisa disimpulkan bahwa musik Jazz dan Blues saling berkaitan satu sama lain. Akan tetapi, nggak seperti Jazz, hingga 1930an dan 40an Blues nggak secara signifikan menyebar dari daerah Selatan ke daerah Midwest.

Sebenarnya nggak ada kepastian siapakah orang yang menemukan musik ini, namun, banyak yang mengklaim bahwa salah satu dari mereka yang menemukan. Akan tetapi, usut punya usut, menurut W.C Handy seorang pemimpin band acara minstrel menyatakan bahwa seorang gitaris jalanan di sebuah stasiun kereta api di daerah Tutwiler, Mississippi mengungkapkan istilah blues ini padanya di tahun 1903.

Walaupun musik orisinal yang berasal dari daerah Deep South pada pertengahan tahun 1800an nggak meninggalkan jejak, warisan para pionir blues bisa didengarkan di rekaman yang pernah direkam tahun 1920an dan 30an di daerah Mississippi, Texas, Georgia, dan daerah Amerika bagian selatan lainnya. Ada beberapa yang bilang bahwa blues bukan masalah teknik, namun lebih cenderung menggunakan soul. Hal tersebut bisa dibuktikan karena secara teknis, musik blues hanya terdiri dari 12 bar. Namun, ada not yang identik dengan blues yang dikenal sebagai blue notes.

Musik blues sendiri memang sangat identik dengan gitar, para pionir-pionirnya seperti Son House, Robert Johnson, Leadbelly, dan Blind Lemon Jefferson adalah pemain gitar. Musik blues pun akhirnya berkembang dan berevolusi dari band jazz, paduan suara gospel, dan juga jug band. Blues pun sampai ke kota dan para penduduk aslinya. Masing-masing daerah memiliki ciri khasnya sendiri seperti Memphis blues, Louisiana blues, St. Louis blues, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Musik Blues

Akhirnya, di tahun 1940an musik blues dielektrifikasi oleh Muddy Waters dan John Lee Hooker, dan ditabahkan beberapa instrument lainnya seperti drum dan piano. Kini musik blues melebur ke beberapa bentuk, di antaranya:

  1. Tradisional county blues: istilah umum yang mendeskripsikan blues daerah pedesaan Mississippi Delta, Piedmont, dan daerah pedesaan lainnya.
  2. Boogie-woogie: Blues yang berbasis piano. Jenis musik Blues ini dipopulerkan oleh Albert Ammons, Pete Johnson, dan Meade Lux Lewis.
  3. Chicago blues: blues Delta yang dielektrifikasi.
  4. Jump blues: penggabungan musik blues dan swing dan awal mula dari musik R&B.
  5. Cool blues: musik blues yang berbasis piano yang secara banyak terpengaruh banyak oleh musik jazz.
  6. Ada beberapa musik blues yang terdiri dari subgenre yang lebih luas seperti Texas blues, St. Louis blues, dan Memphis blues. Sebagai contoh seperti Kansas City blues yang lebih cenderung ke musik jazz, Louisiana blues yang memiliki karakter gitar yang memiliki banyak gaung, rock blues yang beberapa artisnya seperti Eric Clapton dan Peter Green.

Gitar Terbaik Untuk Musik Blues

Dan masih ada beberapa lainnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa musik blues sangat identik dengan gitar, artikel kali ini juga akan menyuguhkan beberapa gitar terbaik untuk kalian yang ingin bermain blues dengan gitar terbaik. Berikut 5 gitar blues terbaik dari Smosyu Music.

  1. Fender American Standard Stratocaster 2008.
  2. Fender Telecaster American Standard.
  3. Gibson Les Paul Standard 1999.
  4. Fender Stratocaster Custom Shop 60 Relic Tahitian Coral.
  5. Fender Stratocaster SRV Signature Series.