Music Man StingRay: Awal Mula Sejarah Lahirnya Bass Ikonik

by Lintang on Aug 26, 2019

Jika mengingat salah satu bass ikonik, tentu nggak bisa terlepas dengan StingRay, bass besutan dari Ernie Ball Music Man. Banyak musisi ternama dari mancanegara yang memercayakan seluruh permainnya melalui bass satu ini. Sebut saja Flea dari Red Hot Chilli Peppers, Tom Hamilton-nya Aero Smith, Alex James dari Blur, Mike Herrera dari MXPX, sampai musisi dalam negeri seperti Thomas Ramdhan dari Gigi. Maka dari itu, Ernie Ball Music Man StingRay sangat identik dengan musik rock.

Secara bentuk, bass ini memiliki desain yang mirip dengan Fender Precision Bass. Namun, yang membedakan keduanya adalah bentuk pickguard-nya dan juga equalizer, sebuah pickup humbucker pada bagian bridge, dan juga volumenya. Sebelumnya kami pernah membahas tentang brand gitar Ernie Ball Music Man secara keseluruhan, nah pada artikel ini kami akan berfokus pada salah satu bass paling ikonik sepanjang masa besutan brand asal Amerika tersebut.

Sejarah Awal Dibuatnya Music Man StingRay

Sejarah awal terciptanya model bass StingRay adalah ketika pegawai dari Fender, Forrest White dan Tome Walkter, merasa nggak bahagia dengan sistem manajerial perushaan yang dilakukan oleh CBS. Kemudian mereka berdua keluar dari salah satu produsen gitar dan bass terbesar tersebut, dan memulai membuat perusahaan gitar baru yang awalnya bernama Tri-Sonix, Inc. Setelah beberapa waktu berjalan, karena terasa kurang pas, nama tersebut diubah menjadi Musiktek,Inc. Nama Musiktek, Inc. sepertinya juga masih kurang cocok, akhirnya pada tahun 1974 lahirlah sebuah perusahaan bernama Music Man.

Sebelum terjun ke bidang produksi gitar dan bass elektrik, Music Man memproduksi sebuah amplifier hybrid yang menggabungkan teknologi solid state dan tabung yang di desain oleh Tom Walker dan juga salah satu orang yang berpengaruh di perusahaan ini dan juga Fender, yakni Leo Fender. Ketika perusahaan ini berjalan, Leo Fender secara diam-diam membantu perusahaan ini. Ia juga merasa nggak bahagia karena perusahaan yang sebelumnya pernah dia singgahi, Fender Electric Instrument Manufacturing Company, jatuh ke tangan CBS. Leo Fender juga salah satu orang yang turut berkontribusi akan pemberian nama Music Man pada perusahaan ini.

Nggak lama, pada tahun 1976, lahirlah seri StingRay bass yang secara penampakan nggak berbeda jauh dengan Precision Bass milik Fender. Agar memiliki desain yang berbeda mereka akhirnya merancang bass ini dengan desain pickguard lonjong berbentuk menyerupai telur di bagian tengah dan sebuah pickup humbucker yang dilengkapi dengan pre-amp yang ditenagai dengan baterai 9 volt. Nggak hanya itu saja, yang membuat bass ini berbeda dengan Fender Precision Bass adalah headstocknya yang unik. Mereka mencoba menawarkan hal baru kepada pemain bass. Ketika Fender Precision Bass memiliki posisi tuner yang sejajar secara horizontal, StingRay justru ingin mendobrak dengan desain posisi 3 buah tuner di bagian atas, dan 1 buah tuner di bagian bawah.

Selain itu, pada bagian belakan neck bass ini hadir dengan heavy satin finish yang bertujuan agar penggunanya bisa melakukan slide dengan lebih mudah. Keluaran pertama Music Man StingRay hadir dengan preamp yang dilengkapi 2-band EQ yang terdiri dari bass dan treble saja. Karena setting tersebut kurang bisa memberikan tone yang lebih lebar, akhirnya Music Man merilis versi preamp denan 3-band EQ (bass, midrange, dan treble). Maka dari itu, versi ini memungkinkan penggunanya meraih tone midrange sesuai dengan yang mereka mau.

Seiring berjalannya waktu, Music Man mengembangkan bass ini dengan menciptakan model versi senar 5 atau diberi nama StingRay 5. Seri Sting Ray 5 ini memiliki tambahan lain yakni switch 3-way yang memungkinkan para penggunanya untuk memisahkan koil pickup humbuckernya. Selain itu seri ini hadir dengan dua buah pickup humbucker.

Versi Budget StingRay

Pada awalnya, Music Man hanya ditujukan bagi para bassis yang rela membeli sebuah produk dengan harga mahal. Akan tetapi, permintaan StingRay pun melonjak, bahkan untuk kelas entry-level yang harganya cenderung jauh lebih terjangkau. Maka dari itu, Music Man yang sudah bergabung dengan Ernie Ball merilis versi budget-nya melalui perusahaan Davitt & Lanser dengan memberikan lisensi gitar dan bass replica Ernie Ball Music Man-nya dengan nama OLP. Di bawah nama OLP, StingRay menjelma menjadi sebuah bass bernama S.U.B yang merupakan singkatan dari Sport Utility Bass. Berbeda dari produk-produk Ernie Ball dan Music Man, OLP diproduksi di negeri Tirai Bambu atau Tiongkok.

Model tersebut akhirnya berhenti dikarenakan Ernie Ball Music Man sudah nggak bekerja sama lagi dengan Hanser Holdings International. Namun, permintaan produk-produk mereka masih tetap diminati. Akhirnya mereka meneruskan memproduksi produk-produk budget mereka dengan nama Streling by Music Man pada tahun 2009.