Mengenal Pickup Gitar (Seymour Duncan, EMG, dan lainnya)

by Lintang on Aug 16, 2019

Salah satu part terpenting dari gitar listrik adalah pickup gitar. Selain dari kayu, pickup gitar juga menentukan karakter suara dari gitar tersebut. Alasan kenapa pickup gitar adalah bagian paling penting pada gitar karena fungsi pickup adalah menghantarkan getaran senar pada gitar menjadi arus listrik yang kemudian dikonversikan ke suatu alat bernama amplifier atau sound system.

Jika dilihat dalamnya, pickup sendiri terdiri dari gulungan kawat (coil), dan juga magnet. Tipe magnet dan jenis kawat, sangat berpengaruh terhadap suara dari pickup itu sendiri. Tentu bagi sebagian orang, mengganti pickup gitar mereka dengan pickup jenis baru akan mengganti karakter tone atau suara yang dihasilkan oleh gitar mereka. Artikel ini akan membahas jenis-jenis pickup yang ada di pasaran.


Tipe Pickup Gitar (Gitar Elektrik)


Ada tiga kategori pickup gitar yang umum yang ada di pasaran, di antaranya sebagai berikut:


1. Single Coil

Pickup single coil merupakan pickup yang hanya menggunakan sebuah magnet. Karakter yang dihasilkan dari single tone pun nggak bisa didefinisikan dengan merujuk ke jenis musik apa karena pickup jenis ini digunakan untuk berbagai jenis musik, namun karakter utama yang dimiliki oleh pickup jenis ini lebih bright dibandingkan dengan karakter tone dan sound yang dihasilkan pickup humbucker atau P90. Namun, apabila kalian menginginkan tone distorsi high gain ala musik metal, memilih gitar dengan pickup single coil bukanlah pilihan yang tepat.

2. Humbucker

Pada dasarnya pickup humbucker merupakan dua buah pickup single coil yang dijadikan satu. Tone yang dihasilkan pun berbeda dengan pickup single coil. Karkater suara dan tone yang dihasilkan oleh pickup humbucker cenderung lebih warm apabila dibandingkan dengan pickup single coil. Mungkin ini alasan kenapa para gitaris jazz banyak menggunakan pickup humbucker. Di samping itu, pickup jenis ini cocok banget untuk para gitaris metal yang membutuhkan distorsi tingkat tinggi karena output yang yang lebih tinggi dibandingkan dengan single coil.

3. P90

Untuk menengahi karakter antara humbucker dan single coil, muncul pickup P90. Banyak yang menyebut pickup jenis ini dengan nama Soapbar. Karena berada di antara keduanya, pickup jenis ini memiliki output yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan single coil, namun nggak sebesar humbucker. Jenis pickup ini juga bisa dibilang pickup single coil yang diproduksi oleh Gibson.

Tipe Pickup Gitar Bass Elektrik

Tentu selain pickup gitar elektrik, bass elektrik membutuhkan alat ini supaya bisa menghasilkan suara. Ada beberapa jenis pickup bass yang ada di pasaran, di antaranya:


1. Split Coil

Split coil pickup merupakan satu pickup yang dibagi menjadi dua. Instalasi pickup ini bisa dilihat di bass seperti Precision Bass milik Fender. Karakter punchy yang dihasilkan cocok banget untuk musik rock dan punk.


2. J-Pickup

Model pickup ini pertama kali digunakan pada bass Fender jenis Jazz Bass. Jenis pickup ini memiliki karakter tone yang warm dan jernih. Walaupun sering digunakan oleh para musisi Jazz, beberapa rocker seperti Geddy Lee-nya Rush juga pengguna Jazz Bass.


3. Dual-coil

Model pickup ini nggak selazim J-pickup dan juga split-coil. Pada dasarnya dual-coil merupakan pickup humbucker bass. Seperti dengan pickup humbucker pada gitar, pickup ini memiliki karakter yang lebih warm dibandingkan dengan jenis pickup yang lainnya. Karakternya cocok banget untuk kalian yang suka karakter tone bass vintage.


4. Soap Bar

Sebenarnya, pickup soap bar merupakan pickup J-bass dengan bentuk yang lebih lebar. Salah satu hal yang paling identik dari jenis pickup ini adalah pickup ini biasanya ditutup dengan tujuan melindungi dari degradasi.

Jenis Pickup Pasif dan Aktif

Pickup gitar juga terdiri dari dua klasifikasi di antaranya: pickup pasif dan juga aktif.

1. Pickup pasif

Pickup ini nggak mem”boost” sinyal sehingga mampu memberikan tone yang warm dan juga organic. Namun, pickup ini masih belum cukup untuk tone distorsi dengan gain yang sangat tinggi.


2. Pickup aktif

Pickup ini menggunakan baterai 9V agar mampu memanfaatkan sirkuit aktif yang mampu mem”boost sinyal. Pickup jenis ini cocok banget untuk gitaris rock dan juga heavy metal modern yang membutuhkan distorsi gain tinggi.