Memilih Senar Gitar Paling Tepat, Jangan Salah Pilih!

by Lintang on Aug 22, 2019


Bicara gitar pasti nggak jauh dengan senar gitar. Benda ini, walaupun harganya paling murah dibandingkan komponen-komponen lain, namun adalah paling penting. Tentu saja karena gitar adalah alat musik yang menggunakan senar. Begitu juga dengan memilihnya.


Banyak orang mengira bahwa karena senar harganya paling murah di antara komponen-komponen lainnya, mereka membeli gitar dengan kualitas yang nggak bagus. Padahal pemilihan senar dapat berpengaruh dengan permainan kalian juga.

Pada dasarnya senar merupakan unsur atau benda yang memberikan vibrasi yang nanti akan memproduksi suara pada gitar. Senar gitar yang ada di pasaran umumnya terbuat dari nylon dan juga terbuat dari baja. Masing-masing merk terkenal biasanya menyediakan kedua jenis ini.

Semakin bagus kualitas senar tersebut, semakin bagus pula suara yang dihasilkan. Senar gitar dengan kualitas bagus juga lebih tahan lama dan awet. Di pasaran terdapat banyak merk senar dan tipe senar yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis gitar yang dimiliki. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas dan memberikan sedikit informasi tentang senar gitar yang bisa kalian beli.

Tipe Senar Gitar

1. Senar Baja

Tipe senar yang pertama adalah senar baja. Tipe senar ini nggak hanya digunakan pada gitar elektrik saja, namun gitar akustik juga menggunakan tipe senar ini. Jenis senar ini memiliki ukuran atau gauge yang beragam. Ukuran ini tergantung dari jenis musik yang dimainkan dan juga karakter suara apa yang ingin dihasilkan.

Bisa dikatakan ukuran pada senar itu selera dari masing-masing gitaris. Jenis musik yang biasa menggunakan senar baja adalah jenis musik yang biasa menggunakan gitar elektrik atau gitar akustik senar baja yang di antaranya musik rock, blues, jazz, folk, dan masih banyak lagi.

2. Senar Nylon

Jenis senar ini biasa digunakan pada gitar akustik klasik ataupun flamenco. Umumnya gitar yang menggunakan senar ini memiliki neck dengan jumlah fret lebih sedikit dan juga lebih lebih tebal. Jika dibandingkan dengan senar baja senar jenis ini memiliki daya tegang yang lebih rendah. Maka dari itu, kelebihan senar nilon adalah tidak membuat neck gitar kalian mudah bengkok. Selain itu, senar jenis ini nggak mudah berkarat.

Rekomendasi Merk Senar Gitar

Ada beberapa merk gitar yang selama ini ada di pasaran, namun beberapa orang masih bingung brand senar apa yang paling bagus. Bagi kalian yang masih bingung berikut merk senar terbaik menurut Smosyu.

1. Ernie Ball

Merk senar ini terkenal dengan bungkusnya yang berwarna warni ala warna stabilo dan gambar burung elang di pojok bagian kanan. Selain itu, Ernie Ball menyertakan nama-nama gitaris atau musisi yang menggunakan atau diendorse oleh merk senar gitar asal California ini. Ketebalan senar merk ini dibedakan dengan warna bungkus dan juga nama-namanya. Nama yang membedakannya adalah sebagai berikut:

Regular Slinky: Bungkusnya berwarna kuning stabilo kehijau-hijauan. Tipe ini cocok untuk gitaris yang ingin mencari senar e berukuran 10 dan senar E berukuran 46. Gitar ini tepat untuk para gitaris yang ingin mencari sustain yang cukup panjang, namun tetap nggak sulit untuk dibending.


Super Slinky: Bungkusnya berwarna pink. Tipe ini hadir dengan senar e berukuran 9 dan senar E berukuran 42. Tipe ini memiliki ukuran yang cukup tipis, apalagi untuk gitaris yang doyan bending.


Extra Slinky: Bungkusnya berwarna biru. Tipe ini bisa dibilang tipe senar Ernie Ball dengan ukuran paling tipis yakni senar e berukuran 8 dan senar E berukuran 38.


Power Slinky: Bungkusnya berwarna ungu. Ini adalah tipe senar Ernie Ball yang sangat tebal. Ketika menggunakan senar ini, kalian membutuhkan tenaga lebih untuk bending.


Skinny Top Heavy Bottom: Bungkusnya berwarna merah. Bagi yang merasa ingin mendapatkan suara bass yang tebal tapi tetap enak dibending di bagian senar bawah tipe ini paling cocok karena senar E berukuran 52 yang tentu sangat tebal, dan juga senar e berukuran 10.

2. D’Addario

Merk ini bisa dibilang senar yang cukup populer di Indonesia. Bagian ujung senar berwarna-warni untuk membedakan senar mana adalah hal yang paling ikonik dari senar D’Addario. Sayangnya di toko online menyediakan senar D’Addario tanpa bungkus yang belum tahu keasliannya. Maka dari itu, beli senar D’Addario di toko musik resmi.

3. Elixir

Brand satu ini digadang-gadang menjadi merk senar gitar termahal di pasaran. Bahkan claimnya adalah senar yang susah berkarat. Tapi memang apabila dibuktikan bahwa Elixir memiliki kualitas suara terbaik dengan material yang terbaik juga. Selain itu, daya tahan dari senar Elixir juga cenderung relative lebih tahan lama.