Jenis Gitar yang Harus Kalian Ketahui dan Ada di Pasaran

by Lintang on Aug 20, 2019

Gitar bisa dibilang adalah alat musik yang paling bisa dijangkau masyarakt luas, selain mudah dipelajari, harga gitar paling murah juga sangat terjangkau oleh segala kalangan. Seperti yang kita tahu gitar adalah sebuah alat musik dengan (umumnya) enam senar dan juga neck yang terdiri dari beberapa. Bisa dibilang alat musik satu ini adalah alat musik berjenis “chordophone”, dan merupakan salah satu instrument musik tertua. Ditemukan bahwa hingga 4000 tahun lalu.

Fret dan senar ini satu sama lain saling berkesinambungan. Alat musik ini juga sering diperagakan melalui sebuah gerakan bernama “air guitar”. Dan mungkin adalah salah satu alat musik yang paling mudah diperagakan. Alat musik dengan dawai ini nggak hanya bisa ditemukan di toko-toko musik saja, beberapa toko olahraga pun menjual gitar.

Belajar gitar pun bisa dibilang nggak sulit, kalian bisa mencarinya di internet atau YouTube. Di zaman internet belum berkembangpun, belajar gitar bisa melalui sebuah majalah yang berisi lagu beserta chordnya. Cara bermainkan gitar sendiri beragam, ada yang menggunakan pick, ada pula yang menggunakan jari-jari.

Material yang biasa digunakan untuk alat musik ini umumnya dari kayu, dan senar yang digunakan biasanya berbahan nilon dan juga baja. Pada artikel ini, kami akan membahas jenis gitar yang ada di pasaran. Apa sajakah itu? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Jenis Gitar yang Harus Kalian Ketahui

1. Gitar Akustik

Pada dasarnya, gitar akustik adalah jenis gitar yang menghasilkan suara secara akustik dengan cara menyebarkan vibrasi dari senar ke udara. Untuk menguatkan vibrasi yang ada pada senar, gitar melibatkan sound board yang mana adalah neck-nya, dan adalah sound box (bodynya).

Ada tiga jenis gitar akustik modern, di antaranya adalah gitar classic, gitar flamenco, gitar akustik elektrik dan gitar akustik senar baja. Secara sekilas, gitar classic sangat mirip dengan gitar flamenco, namun yang membedakan keduanya adalah gitar flamenco memiliki body atas yang lebih tipis dan bracing dalam yang lebih sedikit.

Ada satu jenis gitar akustik lain yakni gitar akustik elektrik. Gitar akustik jenis ini merupakan jenis gitar akustik yang dilengkapi dengan perangkat yang dapat dihubungkan ke amplifier supaya dapat mengeluarkan suara melalui sistem suara tersebut. Gitar akustik elektrik biasanya menggunakan pickup, namun berbeda dengan pickup yang digunakan gitar elektrik.

2. Gitar Elektrik

Bagi yang awam, mungkin bingun mengapa gitar listrik bisa mengeluarkan suara padahal nggak memiliki lubang. Nah ada beberapa perangkat yang dibutuhkan agar gitar listrik mengeluarkan suara. Salah satunya adalah pickup. Pickup sendiri adalah suatu alat yang dipasang di gitar listrik yang berfungsi untuk mengkonversi vibrasi yang dihasilkan senar menjadi sinyal elektrik.

Gitar ini pertama kali ditemukan pada tahun 1931, yang diadopsi oleh pemain jazz yang menginginkan gitar solo not tunggal dalam big band. Kemudian seiring dengan berkembangnya waktu, gitar elektrik digunakan untuk beberapa jenis musik baru yang lahir yakni blues, rock and roll, rock, dan juga heavy metal. Jenis gitar ini memiliki karakter yang berbeda-beda tergantung dari material yang digunakan dan juga konstruksi. Pickup yang digunakan juga beragam, mulai dari single coil, humbucker, hingga soapbar.

3. Gitar Archtop

Gitar jenis ini sering digunakan oleh para gitaris jazz. Gitar yang sering disebut sebagai gitar semi akustik ini memiliki ciri-ciri sebagai beriku:
• Menggunakan 6 senar.
• Hollow body.
• Bridge yang bisa diatur sendiri.
• Sambungan neck di fret ke-14.
• Bagian belakang dan depan yang nggak rata.
• Lubang yang mirip dengan biola.

4. Gitar Bass

Di sebuah band modern biasanya nggak hanya ada gitar, namun juga bass gitar. Jenis gitar ini memiliki senar dengan ukuran lebih tebal. Ketebalan senar ini memang diperuntukkan nada-nada rendah. Di bandingkan dengan jenis gitar lain, gitar bass atau sering disebut sebagai bass memiliki ukuran yang lebih besar dan neck yang lebih panjang.

5. Gitar Resonator

Gitar ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan gitar lain. Gitar ini menggunakan sebuah piringan bundar yang berfungsi untuk menggantikan sound hole dan juga untuk menyembunyikan sebuah resonator berbentuk kerucut. Gitar in memiliki karakter yang lebih sengau.

Demikian artikel dari Smosyu tentang jenis gitar yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat!