Gibson SG: Gitar Gibson Best Seller Sepanjang Masa

by Lintang on Aug 18, 2019

Selain Les Paul, ada model gitar Gibson lain yang ikonik yakni SG. Banyak gitaris rock ternama yang menggunakan gitar solid body ini di antaranya Angus Young (AC DC), Tony Iommi (Black Sabbath), Robby Krieger (The Doors), dan masih banyak lagi. Perbedaan paling signifikan yang dimiliki oleh SG dengan Les Paul selain bentuknya adalah bobotnya yang jauh lebih ringan apalagi dibandingkan dengan Gibson Les Paul dengan body unchambered.

Sejarah Gibson SG

Gitar ini pertama kali dikenalkan oleh Gibson pada tahun 1961. Gibson SG sendiri lahir karena permintaan gitar double cut semakin meningkat, dan penjualan Les Paul semakin menurun, dan akhirnya Gibson ingin membuat suatu yang baru.

Kemunculan SG bukanlah seperti apa yang kita ketahui sebelumnya yang tiba-tiba muncul begitu saja. Hadirnya SG sebenarnya bentuk evolusi dari Les Paul itu sendiri. Pada tahun 1959, Gibson mengenalkan model Les Paul Special yang berbeda dengan model originalnya. Kali ini Les Paul tampil dengan body flat top dan juga double cutaway yang kalau dilihat memang seperti SG yang sekarang kita lihat dan ketahui.

Kemudian, setahun setelahnya, Gibson mengganti nama gitar produk barunya tersebut dengan nama SG yang merupakan singkatan dari Solid Guitar. Banyak orang yang bilang bahwa keputusan Les Paul untuk mengakhiri kerja samanya dengan Gibson adalah desain SG yang aneh. Kepercayaan tersebut muncul karena, Les Paul menuntut menghilangkan namanya dari model ini. Di tahun 1963, gitar ini disebut sebagai SG dan menghapuskan embel-embel Les Paulnya.

Gibson merilis empat variasi dalam keluncuran SG ke publik pada tahun 1961, di antaranya adalah Les Paul SG Custom yang dibekali dengan 3 buah pickup humbucker dan hadir dengan satu varian warna yakni putih, Les Paul SG Standard yang hadir dengan warna merah cherry dan dua buah pickup humbucker, dan juga Les Paul SG Junior yang menggunakan pickup soapbar atau P90 pada posisi bridge.

Seperti yang sering kita lihat, desain Gibson SG sangat unik dan mirip dengan topeng Batman. Gitar model ini dirancang dengan body mahoni solid dengan sebuah pickguard berwarna hitam. Ada dua jenis model pickguard yang ada di pasaran, pertama pickuguard full, dan yang lainnya dengan pickguard setengah. Gitar ini hadir dengan 22 buah fret. Pickup yang digunakan pada SG adalah dua buah pickup up humbucker dengan 3-way switch.

Tipe-Tipe Gibson SG

Hingga sekarang Gibson SG masih banyak diminati. Ada beberapa seri Gibson SG yang ada di pasar gitar second maupun baru, apa sajakah itu?

Gibson SG Junior

Gibson SG tipe ini pertama kali diproduksi Gibson mulai dari tahun 1960 sampai tahun 1970. Pickguard yang digunakan oleh gitar ini mirip dengan saudaranya, Les Paul Junior. Di awal kelahirannya pada tahun 1961 hingga tahun 1963, gitar ini muncul dengan nama Les Paul Junior. Kemudian, embel-embel Les Paul dilepas dari headstocknya, dan secara resmi disebut sebagai SG Junior. Pickup yang digunakan Gibson SG Junior adalah sebuah pickup P90 soapbar di bagian bridge.

Gibson SG Standard

SG Standard bisa dibilang gitar yang sering kita temui selama ini. Warna yang paling terkenal SG Standard adalah Cherry Red. Seri SG ini hadir dengan dua model, yang pertama adalah pickguard penuh, dan yang kedua pickup setengah. Pickup yang digunakan adalah dua buah humbucker Alnico II 490R dan 490T yang cocok banget untuk musik rock. Kalau kalian pernah nonton film School of Rock yang pernah dibintangi oleh Jack Black, gitar ini adalah gitar yang digunakan oleh sang tokoh utama.

Gibson SG Special

Di awal kemunculannya, gitar ini menggunakan dua buah pickup P90. Pada seri ini Gibson masih tetap membuat binding neck yang sama dengan seri Standard. Yang membedakannya adalah inlay-nya. Ketika SG Standard menggunakan inlay berbentuk kotak, SG Special hanya menggunakan inlay berbentuk titik. Beda dulu, dengan kini, alih-alih menggunakan pickup P90, Gibson membekali gitar ini dengan dua buah humbucker yang nggak ditutup oleh cover.

Gibson SG Custom

Seri custom bisa dibilang seri paling atas dari gitar-gitar Gibson. Bisa dilihat dari lis-nya yang nampak lebih mewah. Gibson SG Custom hadir dengan bentuk yang cukup beda dibandingkan seri lainnya. Ada SG Custom yang menggunakan 3 buah pickup humbucker, atau juga ditambah Bigsby.

Gibson SG adalah salah satu seri gitar yang sering wara wiri di Smosyu Music & jadi produk yang paling laris.

Smosyu Music - https://www.smosyumusic.com/ adalah toko musik yang menyediakan alat-alat musik profesional berkualitas. Yuk kunjungi katalog produk-produk Smosyu Music untuk lebih lengkapnya.