Ernie Ball Musicman: Perjalanan Panjang Salah Satu Brand Terbaik

by Lintang on Aug 24, 2019

Ingat brand bernama Musicman, pasti identik dengan beberapa musisi seperti John Petrucci, Flea dari Red Hot Chilli Peppers, Steve Morse-nya Deep Purple, dan masih banyak lagi. Selain itu, brand ini juga sangat melekat banget dengan nama Ernie Ball yang mana dikenal sebagai merk senar gitar dan juga bass. Musicman sendiri merupakan produsen gitar dan bass yang berasal dari Amerika Serikat yang akhirnya bekerja sama dengan Ernie Ball.

Mengapa nama Ernie Ball sangat melekat dengan nama Musicman, tentu saja karena brand ini sendiri adalah sebuah divisi dari korporasi bernama Ernie Ball tersebut. Merk gitar dari Amerika serikat ini nggak ingin dianggap produk-produknya berada di kelas entry level hingga ke menengah apalagi setelah diakuisisi oleh Ernie Ball pada tahun 1984. Bisa disimpulkan produk-produk keluarannya harganya juga dibanderol dengan harga sekitar puluhan juta Rupiah. Pada artikel kali ini kami akan membahas sejarah dan seluk beluk salah satu merk gitar ternama yakni Ernie Ball Music Man.

Sejarah Ernie Ball Musicman

Sejarah awalnya berdiri brand gitar dan bass yang digunakan oleh Thomas Ramdhan ini dibentuk oleh Forrest White dan Tom Walker. Pada tahun 1971, kedua orang tersebut membentuk sebuah perusahaan Tri-Sonix, Inc. Sebelumnya, Tom Walker merupakan sales dari Fender, dan agar finansial perusahaan tersebut tersokong, ia mendekati Leo Fender. Akhirnya, tanpa sepengetahuan Fender, Leo Fender menjadi partner dari Tri-Sonix, Inc.

Brand gitar ini juga sangat identik dengan Fender karena pendirinya memiliki kelekatan dengan brand gitar elektrik yang sangat terkenal di Indonesia ini. Forrest White sendiri bekerja bersama Leo Fender sejak tahun 1954 di awal perusahaan Fender Electric Instrument Manufacturing Company berdiri. Namun, karena ketidak cocokan dengan manajemen perusahaan tersebut, akhirnya White mundur di tahun 1966.

Pada Januari 1974 akhirnya perusahaan dengan nama Musitek, Inc. Akan tetapi Leo Fender nggak cocok dengan nama tersebut, dan mengganti namanya dengan Nama Music Man. Produk pertama yang dirilis oleh perusahaan ini berupa amplifier hybrid antara teknologi tabung dengan solid state bernama Sixty Five yang didesain oleh Tom Walker dan juga Leo Fender.

Di bulan Juni 1976, perusahaan ini mulai memproduksi gitar yang diikuti dengan produksi bass sebulan setelahnya. Gitar dan bass dari Music Man ini di desain oleh Fender dan White. Di tahun ini muncul katalog pertama yang menawarkan sebuah gitar dengan dua buah pickup bernama StingRay, dan juga versi bass StingRay. Bass StingRay ini sangat identik dengan pickguard bulat di bagian tengah dan sebuah pickup humbucker.

Akhirnya bass StingRay sukses penjualannya. Pada Desember 1978, Music Man mengeluarkan seri bass dengan dua buah pickup bernama Sabre yang sayangnya sudah nggak diproduksi lagi mulai dari tahun 1991. Namun, sayangnya karena beberapa hal Music Man mengalami kebangkrutan. Di bulan Maret 1984, Ernie Ball membeli Music Man. Hingga kini kita mengenali nama Music Man disandingkan dengan Ernie Ball.

Versi Budget Gitar Ernie Ball Musicman

Pada awalnya, Ernie Ball Music Man ingin memposisikan produk-produk mereka sebagai produk kelas high-end. Akan tetapi, karena permintaan dari konsumen yang semakin tinggi, akhirnya Ernie Ball Music Man merilis gitar versi budgetnya di akhir tahun 90an karena banyak pesaingnya yang mengisi market ini terutama di daerah negara Asia Timur. Kemudian, Music Man memberikan lisensi mereka ke HHI/Davitt & Hanser dengan membuat Officialy Licensed Products (OLP) untuk mengisi gap kosong gitar dengan harga terjangkau.

Di tahun 2009, Music Man memberi lisensi ke Praxis Musical Instrument untuk membangun brand untuk kelas menengah dengan naman Sterling by Music Man. Banyak produk-produk Sterling dibuat di Indonesia dan kualitasnya nggak kalah dengan produksi negara lain.

Beberapa Artis yang Menggunakan Musicman

1. Steve Morse dari Deep Purple.
2. John Petrucci dari Dream Theater.
3. Steve Lukather.
4. John Myung dari Dream Theater.
5. Mike Herrera dari MXPX.
6. Stephen Egerton dari Descendents.
7. Mick mars dari Motley Crue.
8. Cliff Williams dari AC/DC.
9. Benny Rietveld dari Santana.
10. Dan masih banyak lagi.

Music Man adalah salah satu seri gitar yang sering wara wiri di Smosyu Music & jadi produk yang paling laris.

Smosyu Music - https://www.smosyumusic.com/ adalah toko musik yang menyediakan alat-alat musik profesional berkualitas. Yuk kunjungi katalog produk-produk Smosyu Music untuk lebih lengkapnya.