5 Rekomendasi Gitar Murah Untuk Kelas Entry Level dan Menengah

by Lintang on Aug 13, 2019

Gitar Listrik Murah - Berbeda dengan drum atau piano, gitar adalah alat musik yang paling asyik dimainkan di mana saja. Kalian hanya membutuhkan sebuah case (hardcase atau softcase) ketika ingin membawa gitarmu ke mana saja.

Bermain gitar juga nggak begitu sulit, apa lagi di era di mana informasi bisa didapatkan di mana saja dengan menggunakan internet, belajar gitar nggak perlu membutuhkan waktu lama. Selain itu, kalian bisa menghemat belajar gitar hanya membuka YouTube. Seperti yang kita tahu, gitar ada beberapa jenis, salah duanya adalah gitar akustik dan gitar listrik.

Artikel ini kami akan membahas 7 gitar listrik murah dengan kualitas baik untuk kelas entry level hingga menengah. Gitar kelas ini dibanderol dengan rentang harga dari 3 juta hingga di bawah 10 juta.

Ada satu hal yang kami sarankan ketika kalian ingin membeli gitar listrik murah, yaitu beli gitar secondhand. Namun, sebelum kalian membeli gitar secondhand kalian harus memerhatikan dulu kondisi gitar tersebut dan mencari informasi lengkapnya terlebih dahulu. Nggak usah lama lagi, berikut 7 gitar listrik murah rekomendasi kami.

Daftar Gitar Murah

1. Fender Stratocaster Standard Made in Mexico

Gitaris mana yang nggak kenal dengan Fender. Fender bisa dibilang menjadi tolok ukur sebuah gitar listrik modern karena bodinya yang ikonik dan juga suaranya yang sangat khas.

Fender sendiri memiliki beberapa versi di antaranya adalah American Standard, American Vintage, Crafted in Japan Version, dan juga Mexico. Di antara beberapa versi tersebut, gitar Fender buatan Mexico nggak hanya bisa menunjang kegiatan latihan maupun di panggung.

2. Squier Stratocaster Classic Vibe 50’s 

Untuk menyasar kelas entry level, Fender memproduksi gitar di bawah nama Squier. Secara kualitas cukup bersaing kok dengan gitar di kelasnya. Bahkan gitar-gitar Squier cukup layak kalian bawa ke panggung. Salah satu serinya adalah Squier Stratocaster Classic Vibe 50’s.

Squier Stratocaster Classic Vibe 50’s merupakan sebuah produk untuk merayakan dekade pertama dari gitar elektrik paling populer di dunia dengan sentuhan fitur-fitur modern. Gitar ini dirancang dengan material kayu alder yang dilapisi dengan finish sunburst 2 warna. Warna sunburst dua warna ini bisa dibilang warna yang ada di gitar Stratocaster pertama di dunia.

3. Epiphone ES-335

Seperti Fender, Gibson adalah merk gitar yang punya penggemar fanatiknya sendiri. Gibson punya versi lebih terjangkaunya di bawah nama Epiphone. Walaupun lebih lama berdiri, Epiphone berada di bawah kaki Gibson.

Mungkin karena diakuisisinya Epiphone oleh Gibson setelah kejatuhannya. Seri favorit dari Epiphone adalah gitar semi hollow body-nya, salah satunya adalah ES-335. Seri ini juga disebut sebagai Epiphone Dot. Berkat pickup humbuckers Alnico Classic, gitar dengan desain vintage ini memiliki tone clean yang cocok banget untuk musik jazz dan juga blues.

4. Epiphone Les Paul Standard Flame Top

Salah satu produk Epiphone yang paling digemari adalah Les Paul Standard. Secara desain bodi, nggak ada perbedaan signifikan dengan versi Gibson. Yang berbeda dari versi Gibson-nya adalah headstock-nya. Akan tetapi, untuk urusan tone, versi Epiphone nggak bakal bisa mengejar versi Gibsonnya.

Jelas saja, dari body dan pickup yang digunakan. Berbeda dari Gibson Les Paul Standard, versi body versi Epiphone nggak dibuat secara unchambered. Hal ini bisa dirasakan ketika kalian mengangkat bodynya yang jauh lebih ringan. Dari harga pun bisa menjelaskan kok. Namun, untuk kalian yang ingin tone gitar mumpuni untuk main musik rock yang membutuhkan tone yang tebal, Epiphone Les Paul Standard tetap cocok dijadikan pilihan kok. 

5. Bacchus Telecaster Universe BTE – 1R

Mungkin banyak yang belum tahu dengan Bacchus. Bacchus sendiri adalah brand gitar butik asal Jepang yang hadir dengan untuk berbagai market, dari kelas entry level hingga kelas high-end. Untuk kalian yang sedang mencari gitar yang harganya murah banget, kalian bisa mengambil seri Bacchus Telecaster Universe BTE-1R.

Gitar ini pada dasarnya memiliki tone benang merah ala Telecaster sehingga kalian bisa menikmati suara ‘twang’ yang dihasilkan gitar Telecaster originalnya. Yang lebih menariknya lagi, gitar ini dibanderol dengan harga di bawah 5 juta.

Kesimpulan: Pilihlah Gitar Murah Tapi Berkualitas

Bukan berarti ketika kalian budgetnya agak mepet, kalian nggak memperhatikan aspek kualitas dari gitar yang kalian beli. Apalagi ketika kalian ingin membeli gitar untuk jangka panjang, mengetahuinya secara mendetil juga harus dilakukan.