Apa Jadinya Leo Fender sama Les Paul Kerja Sama? Hampir Kejadian!

by Tyo Harsono on Jan 21, 2022

Ini tahun 1951, gitar elektrik solid body adalah hal yang baru. Waktu itu, Fender Telecaster satu-satunya gitar elektrik solid body, tanpa pesaing.

Kepala Pemasaran Fender saat itu, Don Randall, pusing karena penjualan Telecaster enggak langsung kayak sekarang. Susah banget karena orang-orang lebih suka gitar hollow body.

Apalagi waktu itu harga Telecaster $189.5 (kalau sekarang sekitar $2,032.04). Uang senilai itu dinilai cukup besar untuk saat itu.

Setelah memutar otak, Randall minta Leo untuk ngehubungin Les Paul. Bukan tanpa alasan, Paul salah satu gitaris yang pengen punya gitar solid body.

Selain itu popularitas Paul juga lagi gila-gilanya. Kalau sampai dapetin Paul, waktu itu Fender bakal bikin Gibson sama Epiphone mati kutu.

Maklum, Paul lebih suka pakai gitar dari dua brand itu. Kebetulan Leo cukup deket sama dia, itu yang coba dimanfaatin sama Randall.

"Saya sempet ngobrol sama Paul. Waktu itu saya kasih dia gitar sama amplifier untuk dicoba. Saya juga minta feedback darinya," kenang Randall.

"Waktu itu dia pake Super Amps buatan Fender. Makanya saya kasih dia Pro Amp dan Telecaster, kami enggak sabar nunggu komentarnya," lanjut Randall.

Waktu itu Leo pengen ngasih Paul endorsement (hal yang belum pernah dilakuin Fender sebelumnya). Bahkan mereka berdua sama Paul Bigsby sempet ngobrol lagi beberapa waktu berselang.

"Apakah Anda mau jadi bagian dari Fender?" tanya Leo waktu itu. Paul sendiri sempet bimbang karena gabung ke Fender menurutnya langkah tepat.

Namun, dia inget punya hubungan baik sama Gibson. Bahkan Paul udah pengen punya gitar itu dari masih kecil. Akhirnya dia mutusin nolak tawaran Leo.

Menariknya, hal ini justru dijadiin senjata sama Paul untuk ngadep ke Gibson. Secara nggak langsung dia ngancem Gibson untuk bikin gitar solid body.

Sisanya kita semua udah tahu. Paul dan Gibson akhirnya ngerilis Gibson Les Paul yang jadi saingan berat Fender Telecaster.

Mungkin kalau Paul enggak nolak tawaran Fender, sampe sekarang enggak bakal ada Gibson Les Paul. Bahkan, bisa jadi Gibson udah bangkrut kayak kebanyakan produsen gitar era itu.